Jumat, 03 Agustus 2012

Layani Penukaran Uang, Bank Sulselbar Siapkan Mobil Keliling

Jumat, 03 August 2012
MAKASSAR – PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sulselbar menyiapkan mobil khusus yang berkeliling di delapan lokasi di Makassar untuk melayani masyarakat dalam menukarkan uang kecil sepanjang Ramadan ini. 


Selain di Makassar,dua unit lainnya dioperasikan pula di Gowa dan Bantaeng. “Kita sengaja memfungsikan mobil keliling untuk penukaran uang kecil. Tujuannya agar bisa menjangkau masyarakat yang tidak bisa datang ke bank atau masyarakat yang malu ke bank karena menukarkan uang dalam jumlah sedikit,” ujar Direktur Utama Bank Sulselbar Ellong Tjandra di Makassar, kemarin.

Menurut Ellong, dana yang disediakan Bank Sulselbar tidak terbatas. Hanya saja, setiap orang yang melakukan penukaran uang dibatasi jumlah pecahan yang ingin ditukarkan. Misalnya untuk pecahan Rp1.000,setiap orang hanya boleh menukarkan Rp500.000 dan pecahan Rp20.000 bisa sampai Rp5 juta per orang. “Ini kami lakukan agar semua orang yang menukarkan uang bisa kebagian secara merata. Kami menghindari masyarakat yang menukarkan uang dalam jumlah besar pada satu pecahan tertentu,”tutur Ellong.

Selain memfungsikan tiga mobil keliling di Sulsel untuk penukaran uang, Bank Sulselbar juga melayani masyarakat yang ingin menukarkan uangnya di setiap kantor cabang dan kantor kas Bank Sulselbar. Setiap hari Bank Sulselbar menyiapkan Rp200 juta untuk setiap kantor, dan Rp500 juta untuk satu mobil keliling.

Pemimpin BI Region Sulampua Mahmud Arsin mengungkapkan, pada Ramadan tahun ini BI menyediakan uang khusus untuk penukaran mencapai Rp3 triliun.“Setiap masyarakat yang ingin menukarkan uang bisa datang ke BI langsung atau bank-bank lainnya,” kata dia.

Untuk penukaran uang, Mahmud mengaku akan mengalami pertumbuhan sekitar 15%, sama dengan pertumbuhan jumlah penukaran uang tahun lalu. Saat ini dalam sehari ratarata BI melayani 150 hingga 250 orang yang khusus datang ke BI untuk menukarkan uangnya. ● rahmat hardiansya 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar