Jumat, 18 Mei 2012

Celebes Craft - Gubernur Ajak Warga Pakai Produk Lokal


Jumat, 18 Mei 2012
MAKASSAR – Kualitas produk buatan dalam negeri dinilai tidak kalah dengan yang diproduksi di luar negeri. Khususnya, barang-barang yang diproduksi usaha mikro, kecil, dan menengah, baik berupa aksesoris hinggafashion atau pakaian yang selama ini menjadi komoditas ekspor. 

Karena itu,Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, mengajak seluruh warga Sulsel untuk memakai produk dalam negeri. Alasannya, produk buatan tangan sangat diminati konsumen mancanegara namun kurang mendapat respons dari pasar dalam negeri. “Mari kita buktikan kalau kita cinta dengan produk dalam negeri dengan menggunakannya. Di luar negeri,produk kerajinan tangan hingga pakaian, sangat diminati karena dikenal dengan kualitasnya,”katanya di sela-sela pembukaan Celebes Craft yang digelar di Trans Studio Mall Makassar,kemarin.

Syahrul mengungkapkan, kegiatan Celebes Craft merupakan bagian dari upaya untuk membuktikan bahwaprodukproduk dalam negeri tidak kalah bersaing dengan produksi luar negeri. Menurutnya, sejauh ini, Pemprov Sulsel juga telah berperan maksimal dalam mensupport para pengrajin agar mampu menghasilkan karya yang berkualitas.

”Dulu,batik Sulsel kualitasnya tidak seperti sekarang.Dengan upaya konkrit yang kita lakukan dengan mendatangkan pengrajin batik Pekalongan yang memang ahli untuk melatih pengrajin kita disini, akhirnya sekarangSulsel punya batik yang khas,” ungkapnya.

Sementara, Deputy Bidang Pemasaran dan Jaringan Usaha, Kementerian Koperasi dan UKM,Neddy Rafinaldy Halim yang turut hadir dalam pembukaan pameran tersebut mengatakan, Indonesia memiliki pasar yang sangat luas terhadap industri UMKM. Tetapi, serbuan produk asing tidak boleh dikesampingkan. Karenanya, harus mampu dibuktikan jika karya dalam negeri lebih unggul.

“Produkproduk dari UMKM di daerah kita mampu bersaing dengan produk asing. Produk luar negeri tidak jauh lebih baik,” tegas Neddy. Neddy menambahkan, pameran seperti Celebes Craft harus diapresiasi.

Selain sebagai tempat untuk memamerkan dan menjual produk-produk dalam negeri, juga bisa mendorong peningkatan entrepreneurship dari kalangan muda. ”Sekarang, memang membutuhkan peran aktif generasi muda kita dalam mempromosikan produk-produk dalam negeri,” pungkasnya. ● supyan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar