Minggu, 20 Mei 2012

Sistem Sewa Lahan Dukung Optimalisasi Serapan Bulog


Minggu, 20 Mei 2012 

Makassar - Sistem sewa lahan akan mendukung optimalisasi serapan Perum Bulog Wilayah Sulawesi Selatan.

"Sistem sewa lahan akan diterapkan pada semester kedua 2012 atau musim tanam gaduh pada sejumlah daerah sentra produksi beras di Sulsel," kata Kepala Bulog Divre VII Sulsel Tommy S Sikado di Makassar, Minggu.

Dia mengatakan, daerah yang siap dibidik untuk program sewa lahan itu adalah daerah sentra produksi yang memiliki sistem irigasi yang baik seperti Kabupaten Sidrap dan wilayah Bosowa (Bone, Soppeng, Wajo).

Menurut dia, dengan sistem sewa lahan itu diharapkan prognosa Bulog Sulsel pada 2012 sebanyak 526 ribu ton setara beras dapat dicapai dan penyerapan perusahaan negara ini dapat optimal.

Dalam mendukung program ketahanan pangan nasional, lanjut dia, pihaknya akan menyerap produksi petani sebanyak-banyaknya.

"Apalagi daerah ini merupakan daerah penyanggah pangan nasional dengan rata-rata surplus beras 1,5 juta ton dari total produksi 2,5 juta - tiga juta ton per tahun," katanya.

Khusus untuk mendukung capaian prognosa 2012 melalui sistem sewa lahan itu, Bulog menjalin kemintraan dengan pihak perbankan dari segi pendanaan. 
Sedangkan untuk pembibitan, Bulog bekerjasama dengan PT Sangiang Seri dan pengadaan sarana produksi (Saprodi) dengan perusahaan pupuk yang ada di daerah ini.
"Jadi selain menyerap produksi petani pada saat musim panen, Bulog juga dapat menghasilkan padi melalui program sewa lahan itu," ujar Tommy. (T.S036/F003)
Sumber: http://www.antara-sulawesiselatan.com/berita/38985/peserta-keluhkan-festival-internasional-budaya-bajo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar