Jumat, 16 November 2012

Produksi Padi Diprediksi Mencapai 4,8 Juta Ton


Jumat, 16 November 2012 

MAKASSAR, — Dinas Pertanian dan Tanaman Hortikultura Provinsi Sulawesi Selatan memperkirakan bahwa produksi padi di Sulsel akan mencapai 4,8 juta ton sampai akhir tahun 2012 ini.

Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Hortikultura Provinsi Sulsel, Lutfi Halide menjelaskan, dari jumlah produksi tersebut bisa menghasilkan sekitar 2,8 juta ton beras.

“Makanya, jika dikurangi de­ngan konsumsi beras per tahunnya sebanyak 869.978 ton, maka akan menghasilkan surplus beras untuk Sulsel sekitar 2 juta ton . Dengan begitu, maka surplus beras di Sulsel akan tercapai lagi tahun ini,” kata Lutfi Halide, di Makassar, Kamis, 15 November.

Dia melanjutkan, angka tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan 2011 lalu yang produksinya hanya mencapai sekita 4,5 juta ton, dengan jumlah beras sekitar 2,7 juta ton, dan surplus sekitar 2 juta ton.

Lebih jauh, Lutfi Halide menjelaskan, sejak tahun 2008, produksi beras Sulsel yang semakin tinggi berujung pada peningkatan overstok beras Sulsel yang juga mening­kat signifikan.

“Padahal pada tahun 2007, produksi atau surplus beras Sulsel paling tinggi hanya mencapai 1, 5 juta ton,” katanya.

Sebelumnya, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo menegaskan, terobosan pemerintah di Provinsi Sulsel yang memasang target suplus atau overstok beras setiap tahunnya ternyata berhasil dan berjalan de­ngan baik.

“Ini merupakan program untuk kesejahteraan rakyat. Sulsel saat ini sudah menjadi pilar utama menopang surplus 10 juta ton beras nasional,” terangnya. (eky/ami)

Sumber:  http://cakrawalaberita.com/ekonomi/produksi-padi-diprediksi-mencapai-48-juta-ton

Tidak ada komentar:

Posting Komentar