Selasa, 13 Maret 2012

Sulsel Wacanakan Subsidi untuk Rakyat


Selasa, 13 Maret 2012 

MAKASSAR,  -- Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang direncanakan April mendatang akan menimbulkan pengaruh bagi masyarakat. Tak terkecuali di Sulsel. Makanya, sebagai langkah antisipasi, pemerintah provinsi mewacanakan akan memberikan subsidi terhadap masyarakat.

Wacana pemberian subsidi ini dilontarkan gubernur saat dicegat wartawan sebelum meninggalkan kantor gubernur, Senin, 12 Maret, siang kemarin. Menurut Syahrul, saat ini, ia sedang memikirkan solusi atas kemungkinan kenaikan harga BBM.

"Saya lagi pikirkan. Bagaimana dan dari mana yang saya harus (ambil). Saya harus jaga saya punya rakyat selama satu dua bulan, tidak bersoal. Ada kenaikan (BBM) tapi rakyat Sulsel tidak bersoal. Kalau perlu pemda keluarkan uang," kata Syahrul.

Terkait kenaikan BBM ini, Syahrul juga berharap Pertamina bisa menjaga stok BBM. "Saya minta Pertamina, suplai harus tersedia. Bukan kenaikan BBM yang paling penting," katanya.

Kedua menurut Syahrul, pihaknya akan melakukan upaya preventif agar tidak terjadi kelangkaan. "Kita akan berupaya secara preventif menjaga agar tidak terjadi penimbunan. Ketiga, saya pusing pikirkan bagaimana mengendalikan dampak. Salah satunya, bagaimana agar nelayan tetap bisa melaut untuk tangkap ikan. Itu yang ada di pikiran saya," katanya.

Makanya, menurut dia, dia akan segera melakukan pertemuan dengan jajaran terkait. "Segera kita akan rapatkan membangun policy untuk itu. Bagaimana agar orang ke kantor atau ke sekolah tidak bersoal oleh persoalan tarif. Memang pekerjaan saya berat," ujar Syahrul.

Ditanya kemungkinan adanya penyesuaian anggaran sebagai dampak kenaikan harga, Syahrul mengatakan, itu pasti.  "Perlu, harus ada penyesuaian-penyesuaian. Kasih saya waktu satu minggu ini bagaimana caranya naik tapi tidak bersoal. Saya tidak melihat hanya dengan BLT dan macam-macam itu bisa menyelesaikan persoalan. Apalagi nanti pas ada BLT naik tiba-tiba jumlah orang miskin padahal harusnya kita bisa kendalikan," tegasnya. 



Sumber: http://www.fajar.co.id/read-20120312202520-sulsel-wacanakan-subsidi-untuk-rakyat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar