Selasa, 13 Maret 2012
Sejak
diberlakukannya Program Pelayanan Kesehatan Gratis di Sulawesi Selatan
pada tanggal 1 Juli 2008, animo masyarakat yang mengunjungi
fasilitas/sarana kesehatan Puskesmas dan Rumah Sakit serta Balai
Pelayanan Kesehatan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan semakin
meningkat dan masyarakat telah merasakan manfaat dengan adanya Program
tersebut. Hal ini sesuai dengan tujuan utama program tersebut yaitu
selain meningkatnya akses masyarakat untuk mendapatkan pelayanan juga
manfaat yang diperoleh bahwa masyarakat dapat lebih dini menemu-kenali
penyakit yang dideritanya.
Beberapa hal yang dapat disampaikan terkait perkembangan pelaksanaan Pelayanan Kesehatan Gratis, sebagai berikut :
A. KepesertaanPerkembangan jumlah kepesertaan yang dilayani dengan Program Kesehatan Gratis yaitu : • Tahun 2008, 2.336.875 jiwa • Tahun 2009, 4.472.546 jiwa • Tahun 2010, 4.576.525 jiwa • Tahun 2011, 4.742.757 jiwa • Tahun 2012, 4.696.903 jiwa Tahun 2009 telah diadakan/didistribusi Kartu Kesehatan Gratis sebanyak 1.100.000 lembar dan tahun 2010 diadakan/distribusi sebanyak 1.000.000 lembar (proses pengadaan triwulan II) B. Pelayanan Kesehatan Angka kunjungan/cakupan pelayanan kesehatan gratis di Provinsi Sulawesi Selatan selama tahun 2009, sbb : • Rawat Jalan Tingkat Pertama (RJTP) = 4.139.570 kunjungan • Rawat Inap Tingkat Pertama (RITP) = 56.532 kunjungan • Rawat Jalan Tingkat Lanjutan (RJTL) = 349.921 kunjungan • Rawat Inap Tingkat Lanjutan (RITL) = 92.532 kunjungan • Jumlah pasien yang dirujuk = 7.883 pasien Masyarakat Pengguna Pelayanan Kesehatan Gratis C. Pembiayaan Alokasi anggaran untuk Program Kesehatan Gratis mengalami peningkatan selama proses pelaksanaannya : • Tahun 2008, Rp. 81.794.451.410,- • Tahun 2009, Rp. 93.511.897.034,- • Tahun 2010, Rp. 103.432.900.476,- • Tahun 2011, Rp. 174.827.469.170,- • Tahun 2012, Rp. 187.545.859.092,- D. Legalitas aspek/payung hukum • Pergub No. 13 Tahun 2008 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Kesehatan Gratis serta Petunjuk Teknis • Pergub No. 15 Tahun 2008 tentang Regionalisasi Sistem Rujukan Rumah Sakit serta Petunjuk Teknis • PERDA No. 2 Tahun 2009 tentang Kerjasama Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan Gratis di Provinsi Sulawesi Selatan. Indikator Keberhasilan Program Pelayanan Kesehatan Gratis : 1. Meningkatnya Akses masyarakat untuk datang memeriksakan kesehatannya di Puskesmas makin meningkat, dimana terlihat peningkatan kunjungan pasien yang datang berobat di Puskesmas setiap harinya menjadi rata-rata 100 orang, yang biasanya hanya berkisar 60 orang setiap hari, artinya ada peningkatan masyarakat yang memanfaatkan Pelayanan Kesehatan di Puskesmas menjadi 40 % 2. Masyarakat miskin yang tidak masuk Quota program Jamkesmas, yang biasanya berpikir datang ke Puskesmas dan Rumah Sakit, karena factor pembiayaan, maka dengan adanya Program Pelayanan Kesehatan Gratis selama ini Jumlah Kunjungan dan Rujukan ke Rumah Sakit juga meningkat dari 20 orang dirujuk meningkat menjadi 40 orang perhari (100% ) 3. Dengan adanya Sistem Rujukan yang berjenjang, Rumah Sakit tidak lagi terjadi penumpukan pasien sehingga meningkatkan mutu pelayanan. 4. Dengan system Regionalisasi Rumah Sakit untuk mendekatkan akses daerah terpencil, dan perbatasan sehingga, masyarakat mendapat pelayanan kesehatan murah, aman, dan cepat namun berkualitas. 5. Meningkatnya kunjungan Ibu Hamil, yang datang ke Puskesmas atau Bidan Desa untuk memeriksakan kehamilannya. Yang biasanya yang datang memeriksakan kehamilannya di Puskesmas hanya 10 orang, namun dengan adanya Program Pelayanan Kesehatan Gratis meningkat sampai 20 orang setiap minggu, artinya ada peningkatan 100%. |
Selasa, 13 Maret 2012
CAPAIAN KINERJA PELAKSANAAN PROGRAM KESEHATAN GRATIS PROVINSI SULAWESI SELATAN TAHUN 2011/2012
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar