Rabu, 11 April 2012

Dinkes Sulsel Survei Tingkat Kepuasan Kesehatan Gratis

Makassar  - Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan melakukan survei untuk mengetahui tingkat kepuasan layanan kesehatan gratis di 24 kabupaten/kota di Sulsel.

"Tujuan survei ini selain untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat, juga untuk mengetahui kendala di lapangan," kata Kepala Dinas Kesehatan Makassar dr Rahmat Latief di Makassar, Rabu.

Dia mengatakan, berdasarkan hasil survei 2011, tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan gratis mencapai 80 persen.

Berkaitan dengan hal tersebut, lanjut dia, perlu menelusuri dan mengetahui lebih jauh realisasi penerapan layanan kesehatan gratis sejak dicanangkan 2008 hingga saat ini.

"Kalau survei tahun lalu hanya dilakukan pada enam rumah sakit regional, kini dilakukan pada 24 kabupaten/kota di Sulsel," katanya.
Bentuk survei tersebut, kata dia, melalui dialog langsung dengan masyarakat setempat untuk mengetahui kendala maupun mendapatkan masukan dari masyarakat pengguna layanan kesehatan gratis.

Khusus hasil survei 2011 diketahui kendala yang dirasakan masyarakat adalah letak RS kabupaten jauh dari masyarakat yang tinggal di pelosok desa.

Melalui survei yang dilaksanakan pada April 2012, menurut Rahmat, juga dapat diketahui apakah kekurangan dari segi fasilitas dan layanan pada periode 2011 sudah bisa diminimalkan.

"Dengan demikian, anggaran yang dialokasikan untuk layanan kesehatan gratis dalam kurun empat tahun terakhir sebesar Rp648 miliar tidak sia-sia," katanya. (T.S036/E005)

Sumber: http://www.antara-sulawesiselatan.com/berita/37908/dinkes-sulsel-survei-tingkat-kepuasan-kesehatan-gratis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar