Kamis, 12 April 2012

Produksi Jagung Sulsel Ditarget 1,6 Juta Ton


Kamis, 12 April 2012
MAKASSAR – Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA Sulsel) menargetkan produksi jagung sebesar 1,6 juta ton. Saat ini, total luas area tanam mencapai 350.000 hektar. 

Ketua KTNA Sulsel Rahman Daeng Tayang mengatakan,jika luas tanam dikonversi dengan produksi,jumlahnya diprediksi mencapai 1,6 juta ton.Menurutnya, produksi tersebut meningkat dibanding 2011 lalu yang hanya 1,4 juta ton. Rahman mengatakan, saat ini, petani tengah bergairah untuk menanam jagung. Hal ini dipengaruhi naiknya nilai jual jagung pipilan kering yang mencapai Rp2.000 per kilogram (kg).

Dia menyebutkan,hingga Maret,harga jual jagung pipilan kering di Sulsel sempat jatuh. “Hanya sekitar Rp1.200 per kg hinggaRp1.300perkg,”katanya. Kepala Bidang Produksi Tanaman Pangan Dinas Pertanian dan Hortikultura Sulsel M Aris AM me-ngatakan, pemerintah menargetkan produksi jagung Sulsel sebanyak 1,8 juta ton dengan total luas tanam 420.000 ha.“Kami yakin,target ini bisa tercapai karena iklim di Sulsel mulai bagus,”katanya.

Aris mengakui, harga jual jagung pipilan kering awal tahun ini sempat anjlok dikisaran Rp1.100 per kg.Hal ini disebabkan sentra produksi jagung di Pulau Jawa,Sumatera termasuk negara produsen jagung lainnya sedang panen raya. Namun saat ini,harga sudah mulai stabil.Lantaran pasokan jagung dari sentra produksi di Pulau Jawa sudah berkurang. umran la umbu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar