Kamis, 26 April 2012

Target Surplus Beras, Sulsel Program Cetak Sawah


KAMIS, 26-04-2012
MAKASSAR,  --Dinas Pertanian Tamanan Pangan dan Holtikultura Sulsel kembali mencanangkan Program Panen Cetak Sawah di 2013 mendatang. Program tersebut untuk menunjang surplus beras pemerintah melalui Kemeterian pertanian yang mencapai 10 juta ton.
Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Sulsel, Ir H Lutfi Halide MP, mengatakan, perluasan sawah kini terus diupayakan. Pasalnya, pesatnya pembangunan, khususnya perumahan menjadikan lahan persawahan mengalami penyempitan, sehingga hasil panen juga mengalami penurunan.
"Kementerian pertanian yang telah ditetapkan kebijakan terintegritas dalam rangka pencapaian surplus beras 10 juta ton melalui perluasan areal dan pengelolaan lahan, peningkatan produktivitas, penurunan konsumsi beras dan penyempurnaan manajemen," jelasnya, kepada Upeks baru-baru ini.
Serapan lahan saat ini, kata dia, masih mencapai 21%, sedang serapan anggaran pengembangan pangan di sulsel di 24 kabupaten hanya mencapai rata-rata 55%.
Ia juga berjanji akan membantu dinas pertanian kabupaten yang melakukan realisasi penyerapan anggatan yang cukup baik, hingga 75%. Sehingga
Rehabilitasi jaringan irigasi dalam rangka mengoptimalisasi lahan, khususnya cetak sawah dapat berjalan maksimal.
"Program panen cetak sawah ini dapat mempercepat produksi beras yang cukup besar, sehingga surflus beras sebesar 10 juta ton dapat tercapai,"terangnya.
Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian, Kementerian Pertanian RI, Dr Ir Sumarjo Gatot Irianto MS DAA mengatakan, saat ini lahan pertanian khususnya persawahan terus mengalami penurunan setiap tahunnya.
Jika penyerapan anggaran rendah, maka potensi pertumbuhan ekonomi yang berkurang, hal ini dipengaruhi stimulus pergerakan pertumbuhan ekonomi, khususnya dari sektor pertanian.
"Jika ini tersendat, maka akan mempengaruhi semua lini sektor. Sehingga diharapkan semua kepala daerah, melalui dinas pertanian untuk terus mengenjot peningkatan penyeraopan anggaran untuk petani. Sehingga hasil panen dapat lebih maksimal. Sebab penggunaan anggarannya tepat sasaran,"terangnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar