Selasa, 19 Juni 2012

Empat Kabupaten Di Sulsel Akan Jadi Program Satu Desa Satu Produk


Ada empat kabupaten di Sulawesi Selatan, yang akan dijadikan fokus dalam program satu desa satu produk (one village one produk) tahun 2012 yaitu Kabupaten Luwu, wajo, Gowa, dan Bantaeng. Ke empat kabupaten tersebut dinilai memiliki sejumlah komoditi unggulan. Hal ini dikatakan Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Sulawesi Selatan A. M. Yamin di Makassar.
Menurut AM. Yamin, program satu desa satu produk ini bertujuan untuk menginventarisir dan mempromosikann produk inovatif yang merupakan sumber daya lokal dan memiliki ciri khas. Terutama komoditi yang berdaya saing tinggi di pasar nasional maupun internasional. Program tersebut mendapat dukungan penuh dari Kementerian Koperasi dan UKM untuk mengembangkan beberapa jenis komoditi unggulan, yaitu rumput laut, markisa, sutra, dan kakao.
Untuk program satu desa satu produk ini telah berjalan sejak tahun 2010 di tiga kabuten, yaitu Kota Palopo, Kabupaten Gowa, dan Jeneponto dengan nilai anggaran sebesar Rp348 juta, dimana komoditi yang masuk diantaranya kakao, beras, dan garam.
Untuk program ini, setiap desa akan mendapatkan masing-masing Rp150 juta yang total anggarannya sebesar Rp600 juta. Di kabupaten tersebut komoditi rumput laut telah dikembangkan menjadi 10 jenis produk jadi dan siap dipasarkan sesuai kriteria yang telah ditetapkan oleh Kementerian Koperasi dan UKM. Komoditi yang masuk dalam program tersebut diantaranya produk unggulan daerah, memiliki keunikan, berpotensi pasar dan diproduksi secara terus menerus.
Hr/Tn (Selasa, 19 Juni 2012)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar