Jumat, 15 Juni 2012

Pemprov Sulsel Siap Bantu Pelebaran Jalan di Lutim


Jumat, 15 Juni, 2012

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan berjanji akan mengupayakan keinginan Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Luwu Timur untuk mendorong percepatan  pelebaran Jalan Negara Poros Malili- Tarengge yang berjarak sekitar 40 kilometer.
Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu’mang disela-sela acara penyerahan piala Adipura yang berlangsung di Rujab Bupati, Kamis (14/6/12).
Menurut Agus, selain melampirkan jumlah anggaran yang dibutuhkan, pihaknya juga berharap agar ada data pendukung misalnya volume kepadatan arus kendaraan yang melintas termasuk data kecelakaan lalu lintas akibat kondisi badan jalan yang lebarnya hanya empat meter tersebut.
Sementara itu, Bupati Luwu Timur,  Andi Hatta Marakarma menyambut baik dukungan tersebut. Ia berharap, pemerintah provinsi dapat segera menindak lanjuti soal pelebaran jalan ini, pasalnya poros yang menghubungkan tiga provinsi ini masing-masing Sulawesi Selatan, Tengah dan dan Tenggara ini setiap harinya dilalui ribuan kendaraan, sementara  kondisi badan jalan lebarnya hanya 4 meter dan telah berulangkali menyebabkan korban jiwa.
Hatta juga menambahkan, sebenarnya pemerintah daerah Luwu Timur melalui Dinas Pekerjaan umum telah berulang kali mengajukan permohonan bantuan kepada pemerintah pusat dan Balai besar Bina Marga Provinsi untuk segera melakukan pelebaran badan jalan Negara Malili- Tarengge, namun hingga saat ini usulan tersebut belum ditanggapi.
“Idealnya menurut Hatta, jalur Malili- Tarengge yang berjarak sekitar 40 kilometer ini dilakukan penambahan lebar badan jalan antara 6- 8 meter” jelas Hatta.
Sayangnya, Hatta tidak merincikan berapa biaya yang dibutuhkan untuk pelebaran jalan ini. Sementara itu, Kapolres Lutim, AKBP Andi Firman juga menyatakan pihaknya siap untuk memberikan data-data yang dibutukan guna mendukung percepatan pelebaran jalan negara poros Tarengge-Malili tersebut. (c)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar