Sabtu, 17 November 2012

Disbudpar Sulsel Klaim Rampungkan Persiapan


Sabtu, 17 November 2012


MAKASSAR – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) mengklaim telah merampungkan persiapan Takabonerate Expedition Island 2012yang akan dihelat selama tiga hari mulai 19 November di Taman Nasional Takabonerate di Kabupaten Kepulauan Selayar.

“Persiapannya sudah mencapai 95% persen dan akan rampung saat acara digelar di Selayar. Sejauh ini semua berjalan lancar,” kata Kepala Disbudpar Sulsel Jufri Rahman kepada SINDO,tadi malam. Menurutnya, event tahunan tersebut didesain lebih baik disbanding pagelaran sebelumnya agar jumlah wisatawan yang berkunjung ke Sulsel semakin bertambah khususnya ke Taman Nasional Takabonerate. “Jadi ada peningkatan jumlah wisatawan ke Sulsel seiring dengan digelarnya Takabonerate Expedition Island. Kegiatan ini sangat positif, tidak benar kalau tidak berefek pada jumlah wisatawan,”bebernya.

Jufri Rahman yang juga Kepala Badan Pendidikan dan Latihan (Badiklat) Sulsel mengaku, untuk menyukseskan acara tersebut, pihaknya juga berupaya melengkapi sarana dan prasarana untuk kenyamanan peserta. Salah satunya dengan menyelesaikan pembangunan bandara perintis yang menjadi tanggung jawab Pemkab Kepulauan Selayar. “Rencananya, event ini akan dihadiri Dirjen Pemasaran Kementerian Pariwisata.Ini akan menjadi langkah maju untuk memasarkan Takabonerate ke wisatawan internasional,” katanya.

Jufri Rahman sebelumnya menyatakan, Takabonerate Expedition Island 2012 akan diikuti empat negara.Disbudpar Sulsel mencatat telah terdapat 60 turis asing yang mendaftar pada event pariwisata tahunan Pemprov Sulsel tersebut. Wisatawan tersebut berasal dari Jepang,Australia, Belanda, serta, Malaysia. Selain itu, eventyang digelar untuk ketiga kalinya tersebut juga akan diramaikan dengan wisatawan domestik. “Sekarang ini sudah terdaftar 60 peserta internasional mancing dan diving 100 orang. Kemungkinan ini akan bertambah lagi, karena event Takabonerate baru akan digelar mulai Tanggal 19 November,”katanya.

Selain itu, pihaknya bersama Kabupaten Kepulauan Selayar juga menyelenggarakan fun trip untuk para warga Selayar yang selama ini telah merantau, untuk kembali menengok kampung halamannya. Hal tersebut juga dilaksanakan agar event tahunan tersebut juga melibatkan warga lokal, serta bisa ikut melakukan sosialisasi ke masyarakat luas mengenai keindahan bawah laut Taman Nasional Takabonerate. Sebelumnya,sejumlah anggota DPRD Sulsel mengeritik kegiatan tahunan Pemprov itu.

Pasalnya, kegiatan itu dinilai terlalu banyak menyerap anggaran dan tidak diimbangi dengan peningkatan jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke kawasan wisata yang ditempuh enam jam perjalanan laut dari Kota Benteng Ibu Kota Kabupaten Kepulauan Selayar. ● abd salam malik

Sumber: http://www.seputar-indonesia.com/news/disbudpar-sulsel-klaim-rampungkan-persiapan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar