Jumat, 10 Februari 2012

Revitalisasi Rotterdam Masuk Agenda Nasional

Jumat, 10 Februari 2012 

Makassar - Peresmian revitalisasi tahap pertama dan kedua Benteng Rotterdam Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) masuk dalam agenda nasional.

"Itu jadwal nasional kita tinggal fasilitasi, " kata Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo di Makassar, Jumat, terkait peresmian yang dijadwalkan pada 15 Februari 2012.

Sejak 2010, Pemprov Sulsel mulai melaksanakan program revitalisasi untuk mengembalikan kawasan Benteng Rotterdam ke wujud aslinya.

Revitalisasi awal dilakukan pada tujuh gedung di bagian dalam benteng termasuk Museum Lagaligo antara lain untuk meremajakan beberapa bagian penyangga gedung yang kondisinya telah lapuk.

Kemudian pada tahap kedua revitalisasi tahap kedua dilanjutkan dengan membongkar kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulsel untuk membuat taman dan kanal di sisi kiri benteng.

Pada awal pengerjaan revitalisasi tahap kedua, Agustus 2011, Ketua Panitia Pelaksana Revitalisasi Benteng Rotterdam Syarif Burhanuddin menjelaskan, total luas rencana pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di bagian kiri benteng ini 7.000 meter bujur sangkar.

Pada 2012, revitalisasi tahap ketiga akan dilanjutkan dengan pembuatan taman di sebelah kanan benteng dengan merelokasi kantor Radio Republik Indonesia (RRI) di Jalan Riburane dan relokasi gedung Legiun Veteran Republik Indonesia.

Sebelumnya, gubernur mengatakan, pemerintah provinsi mengusulkan anggaran awal revitalisasi tahap ketiga pada pemerintah pusat sekitar Rp10 miliar.(T.KR-RY/M009) 
Sumber : http://www.antara-sulawesiselatan.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar