Kamis, 09 Februari 2012

Sulsel Target Produksi Garam 155 Ton

Kamis, 09 Februari 2012 

Makassar  - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menargetkan produksi garam pada 2012 ini sebanyak 155 ton sebagai bagian dari program peningkatan usaha garam rakyat (Pugar) yang dicanangkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan.
"Pemerintah pusat sudah mencanangkan swasembada garam melalui program Pugar dan diharapkan swasembada itu tercapai," ujar Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Dinas Kelautan dan Perikanan Sulawesi Selatan Hairil Anwar di Makassar, Kamis.

Ia mengatakan, program Pugar yang dicanangkan oleh pemerintah pusat itu akan berjalan efektif karena pada 2011 program tersebut sudah berhasil meningkatkan produksi garam.

Berdasarkan data produksi pada 2011, garam yang dihasilkan sebanyak 153 ton dan pada 2012 ini ditargetkan pengalami peningkatan sekitar 10 persen atau sekitar 155 ton garam.

Dirinya optimistis jika produksi garam yang ditargetkan tahun ini akan tercapai karena produksi garam pada 2010 hanya sekitar 137 ton.

"Kenaikan produksi garam ini tidak begitu besar karena hanya sekitar 10 persen peningkatannya. Tetapi kami optimisti target produksi itu bisa tercapai," katanya.

Sebelumnya, Kementerian Kelautan dan Perikanan mencanangkan swasembada garam konsumsi di seluruh daerah Indonesia untuk mengatasi kekurangan stok sebagai solusi dan menghindari kebijakan impor garam.

Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif C Sutardjo menuturkan jika swasembada garam konsumsi mampu dilakukan, maka dipastikan tidak akan ada kebijakan untuk impor garam.

Ia menyatakan, kebutuhan rakyat Indonesia untuk garam konsumsi sekitar 1,5 juta ton per tahunnya, sedangkan kebutuhan garam industri itu mencapai 1,8 juta ton.

Salah satu program KKP untuk memenuhi kebutuhan garam Indonesia yakni dengan pengembangan sistem Peningkatan Usaha Garam Rakyat (Pugar) yang baru menghasilkan sekitar 1,3 juta ton.

Program Pugar selama 2011 ini cukup berhasil karena sudah mampu menghasilkan garam konsumsi sekitar 1,3 juta ton. Diharapkan, pada 2012 ini, swasembada garam konsumsi juga bisa ditingkatkan dari pencapaian tahun sebelumnya.

"Di tahun kemarin kami baru bisa menghasilkan garam konsumsi dari kegiatan Pugar itu sekitar 1,3 juta ton dan semoga di tahun ini akan ada peningkatan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," katanya.
Sumber : http://www.antara-sulawesiselatan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar