Jumat, 09 Maret 2012

Delapan Daerah Terpencil Kebagian Listrik

Jumat, 09 Maret 2012 

MAKASSAR,  -- Persoalan listrik di Sulsel, khususnya di sejumlah daerah terpencil dalam waktu dekat bisa teratasi. Tahun ini, pusat melalui APBN mengalokasikan anggaran Rp16,6 miliar dana untuk program elektifikasi daerah terpencil.

Sekretaris Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Sulsel, Salim AR, saat ekspose program SKPD 2012 di ruang media center, Kamis, 8 Maret mengatakan, ada tiga jenis elektrifikasi untuk daerah terpencil ini yakni Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hydro (PLTMH), Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terpusat, dan hibrid PLTS dan PLT Bayu atau perpaduan tenaga surya dan angin.

Untuk PLTMH akan dibangun di Luwu Utara dengan daya 30 KW. Anggarannya Rp1,2 miliar. Sedangkan PLTS Terpusat akan dibangun di lima daerah terpencil yakni di Luwu Timur, Pangkep, Selayar, Takalar, serta Luwu Utara. Kapasitas masing-masing 15 KW. "Anggarannya Rp2,2 M per daerah," katanya.

Khusus Hibryd PLTS dan PLT Bayu, Salim mengatakan akan dibangun di Takalar dan Pangkep. Daya masing-masing juga 15 KW. "Anggarannya juga Rp2,2 M," katanya.

Tahun 2012 ini, Dinas ESDM Sulsel juga melaksanakan berbagai program. Termasuk pemetaan dan penyelidikan sumber daya mineral dan batu bara, serta pemetaan geologi kars. "Kita juga akan melakukan penertiban pertambangan tanpa izin dan pembinaan pengusaha pertambangan," ujarnya. 



Sumber: http://www.fajar.co.id/read-20120308192502-delapan-daerah-terpencil-kebagian-listrik'

Tidak ada komentar:

Posting Komentar