Senin, 26 Maret 2012

Gubernur Tamu Agung Madduppa Toana

SENIN, 26 MARET 2012 

WATASOPPENG, -- Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo menjadi tamu agung malam Madduppa Toana, yang digelar di rumah jabatan Bupati Soppeng, Minggu malam (25/3).
Bupati Soppeng HA Soetomo, mengatakan, malam Madduppa Toana merupakan rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Soppeng ke-751.
Madduppa Toana berarti menjamu tamu kehormatan. Di zaman kerajaan, acara ini kerap diadakan bilamana Datu Soppeng kedatangan Bali Arung seperti SombaE dari Gowa, Arung Mangkau dari Bone, dan kerajaan lainnya.
“Menjamu tamu agung ini sebagai sarana pembicaraan perjanjian kerjasama dua kerajaan atau lebih. Malam Madduppa Toana disuguhkan makanan Bugis dengan beberapa syarat,” ujarnya.
Dalam acara Madduppa Toana, gubernur menjadi “Ulu Tudang” atau tamu kehormatan, dimana gubernur diharapkan melakukan suap pertama dan paling akhir menyelesaikan makanannya.
“Gubernur juga diharapkan memberi lauk pauk kepada Pakanre Yolo sebagai simbol perekat emosional yang terjalin antara pemimpin dengan masyarakatnya,” terangnya.
Menanggapi hal itu, Gubernur Sulsel H Syahrul Yasin Limpo, mengaku sangat terkesan. Madduppa Toana seakan mengingatkan jika perjalanan masih panjang dan masih banyak yang harus dilakukan untuk rakyat.
“Sudah lama saya tidak bicara budaya,” ungkap Syahrul
Syahrul mengungkapkan, ada lima kebenaran dalam kehidupan ini. Yakni, kebenaran agama, filosofis, sosiologis, yuridis, dan kebenaran kultural.
“Madduppa Toana masuk dalam lima kebenaran ini,” tuturnya.
Ketua DPD I Golkar Sulsel itu mengingatkan, jika orang Bugis Makassar tidak terbiasa berebut makanan. Dalam artian, tidak biasa saling berebut jabatan atau saling menjatuhkan satu sama lain.
“Sudah menjadi salah satu tugas pemerintah untuk mempertahankan budaya, bahasa dan tata krama daerahnya,” imbuhnya.
Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Gubernur Sulsel, Asisten I Pemprov Sulsel, budayawan Udin Palisuri, serta beberapa kepala SKPD lingkup Pemprov Sulsel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar