Selasa, 24 April 2012

Wagub Sulsel Panen Raya Padi di Bone


Selasa, 24 April 2012

Bone,   Sulsel - Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Agus Arifin Nu'mang melakukan panen raya padi di Desa Samaelo Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Selasa.

Bersama Wagub Nu'mang tampak Kasdam VII Wirabuana dan Sekretaris Kabupaten Bone Amin Ahmad juga ikut panen raya yang merupakan tindak lanjut nota kesepahaman tentang pengawalan dan pendampingan dalam program surplus produksi beras dua juta ton berkelanjutan pada 2012 bersama TNI.

Kerja sama ini juga merupakan kegiatan "demonstration farm" (demfarm) percontohan teknologi padi sebagai bentuk dukungan Kodam VII Wirabuana.

Program ini dilaksanakan di 24 kabupaten dan kota se-Sulsel dengan luas lahan masing-masing 100 hektare dengan menggunakan benih pokok dan sistem tanam legowo yang diharapkan dapat menghasilkan calon benih sumber yang berkualitas.

Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu'mang mengharapkan, demfarm teknologi padi akan memberi gambaran pada petani tentang manfaat kerja keras dan disiplin serta usaha untuk mencari jalan keluar apabila menghadapi kendala di tempat usaha tani berdasarkan prinsip "survival" yang diaplikasikan di lahan sawah.

Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat mendukung upaya pemerintah provinsi dalam pemenuhan kebutuhan benih di Sulsel setiap tahunnya.

Hal ini, lanjutnya, juga berhubungan erat dengan ketahanan pangan nasional. Jika terus dilakukan, diyakini hasil padi akan melimpah dan tidak menutup kemungkinan Sulsel akan dapat mengekspor beras ke luar negeri.

Kasdam VII Wirabuana Hari Mulyono, mengharapkan, kegiatan percontohan teknologi padi ini dapat diadopsi oleh petani.

Panen raya ini, kata dia, merupakan bukti keseriusan Kodam VII Wirabuana dalam mengaplikasikan kerja sama yang dilakukan bersama pemerintah provinsi sekaligus upaya serius dalam menjaga kestabilan ketahanan pangan di Sulsel.

Pada kesempatan itu, wakil gurbernur juga menyerahkan bantuan alat pertanian dan perangkat komputer ke 11 kecamatan di Bone. (T.KR-RY/M019) 
Sumber: http://www.antara-sulawesiselatan.com/berita/38288/wagub-sulsel-panen-raya-padi-di-bone

Tidak ada komentar:

Posting Komentar