Jumat, 04 Mei 2012

Gubernur Desak Pembangunan Bendungan Kelara Jeneponto Dipercepat


JUMAT, 04 MAY 2012

Makassar,  --Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo, mendesak pemerintah pusat  memprioritaskan pembangunan bendungan Kelara, di Kabupaten Jeneponto. Infrastruktur tersebut dinilai sangat dibutuhkan masyarakat di daerah yang tergolong kering itu.
"Pak Dirjen, saya titip pembangunan bendungan Kelara di Kabupaten Jeneponto. Tolong disampaikan kepada Pak Menteri, apalagi ini kan sudah empat tahun tapi belum terealisasi," ungkap Syahrul di depan Dirjen Sumber Daya Air (SDA) Kementrian Pekerjaan Umum, Muhammad Hatta, pada  peringatan Hari Air Sedunia, yang dilaksanakan di kawasan Benteng Somba Opu, Gowa, Jumat (4/5).
Dalam kesempatan tersebut, Syahrul juga meminta agar Dirjen SDA memprioritaskan anggaran pemeliharaan sarana irigasi yang ada di Sulsel. Pasalnya, sudah hampir 9 tahun, irigasi Sulsel tidak mendapatkan anggaran pemeliharaan sehingga tidak bisa berfungsi maksimal.
"Irigasi kami sudah sembilan tahun tidak dipelihara. Padahal, irigasi menjadi sumber air utama bagi pertanian. Jadi, tolong Pak Dirjen perhatikan kami," desaknya.
Selain itu, Syahrul juga berharap ada alokasi anggaran Kementrian PU untuk pengembangan kawasan kota baru Mamminasata, pembangunan Maccini Sombala of Indonesia (MOI) hingga penanganan Danau Tempe.
"Kami harap, Danau Tempe bisa segera diselamatkan. Jangan sampai terjadi pendangkalan," harapnya.
Mantan Bupati Gowa dua periode itu menambahkan, untuk mengantisipasi minimnya irigasi di Sulsel, maka Pemprov mencanangkan pembangunan embung. Minimal, setiap desa memiliki embung.
"Sepanjang irigasi dan pengelolaan air tidak bersoal, maka pangan juga tidak akan bermasalah," imbuhnya. (Dewi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar