Kamis, 07 Juni 2012

Pendidikan Gratis SMA Sulsel Butuh Rp200 Miliar


Kamis, 07 Juni 2012 

Makassar  - Kepala Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan H Patabai Pabokori mengatakan, pelaksanaan program pendidikan gratis untuk tingkat SMA di daerah tersebut membutuhkan anggaran Rp200 miliar.

"Dana itu dapat menutupi pembiayaan pendidikan tingkat SMA dan sederajat yang berjumlah sekitar 600 ribu, khususnya pembebasan biaya dalam proses penerimaan siswa baru," kata Patabai di Makassar, Kamis.

Dia berharap, dalam penerimaan siswa baru tingkat SMA dan sekolah sederajat tidak ada lagi pungutan dengan alasan apapun. 
Berkaitan dengan hal tersebut, lanjut dia, pemerintah kabupaten/kota memberikan dukungan penuh, termasuk mengawasi pihak sekolah yang tidak mengindahkan imbauan itu.
Sementara dari total dana yang dibutuhkan dalam penerimaan siswa baru di tingkat SMA dan sederajat, dia mengatakan APBD Sulsel mengalokasikan dana sekitar 80 miliar. Sedang sisanya diharapkan ditutupi dari penganggaran 24 pemerintah kabupaten/kota.

"Jadi porsi penganggaran itu diharapkan 40 persen dari provinsi dan 60 persen pemerintah kabupaten/kota sama seperti porsi program pendidikan gratis untuk tingkat SD dan SMP," katanya.

Menurut dia, intervensi pendanaan untuk siswa SMA di Sulsel sudah dimulai sejak 2010 dengan mengalokasi anggaran pengadaan buku penunjang Ujian Nasional khusus bagi siswa kelas tiga.

Menanggapi hal tersebut, salah seorang wali siswa SMA kelas tiga di Kota Makassar Nurmiah mengatakan, pengadaan buku cetak untuk siswa belum optimal, karena masih ada kekurangan jumlah buku yang dialokasikan di satu sekolah.

"Jadi, siswa yang tidak mendapatkan buku, harus rela meminjam buku temannya atau memfotocopy buku itu," katanya. (T.S036/Z002) 
Sumber: http://www.antara-sulawesiselatan.com/berita/39438/pendidikan-gratis-sma-sulsel-butuh-rp200-miliar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar