Kamis, 07 Juni 2012

Produksi Cukup Harga Beras Sulsel Stabil


Kamis, 07 Juni 2012 

Produksi Cukup Harga Beras Sulsel Stabil
Ilustrasi beras (FOTO ANTARA/Basri Marzuki)
Makassar - Harga besar di sejumlah pasar tradisional di Sulawesi Selatan relatif stabil akibat dukungan produksi yang cukup dari 24 kabupaten/kota.

Harga beras jenis medium rata-rata masih berkisar Rp5.700 per kilogram, sedang kualitas di bawahnya ada yang seharga Rp4.800 per kg, kata salah seorang pedagang di Pasar Terong, Makassar, Kamis.

Ia mengatakan, distribusi beras dari daerah cukup lancar sehingga harga beras cenderung stabil, meski kini sebagian wilayah di Sulsel masuk masa tanam. Kondisi itu dibenarkan Kepala Perum Bulog Divre VII Sulsel Tommy S Sikado.

Menurut dia, produksi beras Sulsel cukup stabil sepanjang tahun, karena apabila bagian selatan Sulsel memasuki masa tanam, maka pada saat yang sama daerah bagian utara Sulsel dalam masa panen.

Bahkan pada saat musim hujan cenderung panjang, daerah selatan dan utara dapat bersamaan panen, sehingga produksi beras di daerah ini tetap ada sepanjang tahun.

Mencermati perkembangan cuaca pada 2012, lanjut Tommy, pihaknya optimistis dapat mencapai prognosa 2012 sebanyak 526 ribu ton setara beras.

Prognosa Bulog 2012 lebih tinggi dari prognosa 2011 yang hanya 260 ribu ton dan realisasinya mencapai 268 ribu ton setara beras.

Berkaitan dengan hal tersebut, Bulog Divre Sulsel terus mengoptimalkan penyerapan produksi petani pada saat musim panen melalui 400 lebih mitranya, termasuk penggilingan berskala besar dan kecil. (T.S036/S004)
Sumber: http://www.antara-sulawesiselatan.com/berita/39430/produksi-cukup-harga-beras-sulsel-stabil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar