Selasa, 05 Juni 2012

Sulawesi Selatan Kembali Raih WTP


Gubernur Sulawesi Selatan H. Syahrul Yasin Limpo, sudah dua kali berturut-turut mampu mempertahankan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), terhadap Laporan Pengelolaan Keuangan Daerah (LKPD) Pemprov Sulsel. Penerimaan opini ini diumumkan anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) VI RI, Rizal Jalil, pada Rapat Paripurna Istimewa penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK atas laporan keuangan pemerintah Sulawesi Selatan tahun anggaran 2011 di DPRD Sulsel, Senin, 4 Juni 2012.
Menurut Rizal Jalil, realisasi pendapatan dan belanja sangat seiring dan sejalan. Pendapatan Pemprov Sulsel yang dianggarkan sebesar Rp 3,1 triliun dapat terealisasi lebih dari 100%. Dalam hal item belanja sebesar Rp 2,2 triliun dapat terealisasi tidak sampai 100%, yang berarti ada penghematan. Begitupun dengan item pembiayaan yang sebesar Rp278 miliar dapat terealisasi 100%, sedangkan dana sisa lebih perhitungan anggaran (Silpa) yang tahun lalu hanya Rp290 miliar kini naik menjadi Rp212 miliar.
Perkembangan laporan keuangan (Lapkeu) Sulawesi Selatan dari tahun ke tahun menunjukkan trend perbaikan. Berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK atas Laporan keuangan pemerintah Sulsel tahun anggaran 2011, pengendalian uang semakin sangat memadai, pengendalian belanja perjalanan dinas semester II tahun anggaran 2011 sudah semakin baik dan tahun 2012 sudah diberlakukan pola atau sistem at cost.  Selain itu, pengendalian atas perencanaan belanja modal sudah sangat baik, monitoring serta pajak kendaraan bermotor juga semakin baik.
Sementara Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, mengakui jika mempertahankan predikat WTP memang sangat berat. Namun, hal itu bisa dilakukan sepanjang ada kemauan, kepercayaan, dan impian sehingga predikat WTP yang diraih kali lebih baik dari sebelumnya.
Saat ini, Pemprov Sulsel diopinikan sebagai clear and clean, walaupun WTP lalu masih ada catatan-catatan. Gubernur juga menambahkan bahwa kalau WTP kali ini clear and clean, hal ini merupakan kerja dan bantuan dari berbagai pihak sehingga Sulsel dapat raih WTP. Hampir tidak pernah ada yang berturut-turut meraih WTP. Ini merupakan penghargaan yang luar biasa dan melengkapi 115 penghargaan nasional yang ada.
Hr/Tn ( Selasa, 5 Juni 2012)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar