Selasa, 28 Agustus 2012

Ekspor Ikan Sulsel 30 Ribu Ton Pertahun


Perhatian Pemprov Dipuji
MAKASSAR, –Pertumbuhan ekspor ikan segar Sulsel terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Untuk saat ini, ekspor ikan segar yang dilakukan 20 pengusaha eksportir di Sulsel, telah menembus angka 30 ribu ton pertahun. Ikan-ikan segar tersebut, diekspor di empat negara. Yakni Singapura, Kuala Lumpur, Hongkong dan Jepang. Bahkan selalu menembus pasar Uni Eropa. Demikian ditegaskan HM Sain Muin, Ketua Asosiasi Pengumpul Domestik Eksportir Ikan Segar Sulsel, kepada Upeks Senin (27/8) di Kantor Kamar Dagang dan Industri Sulsel, Jalan Ahmad Yani Makassar.
Dikatakan, peningkatan nilai ekspor tersebut seiring dengan naiknya harga jual dibeberapa negara tujuan. Dia juga mengaku bangga dengan pemerintah provinsi, yang mengeluarkan regulasi atau kebijakan yang berpihak pada para eksportir ikan segar Sulsel selama ini. Sehingga seluruh eksportir tidak merasa dihambat usahanya dan terus berkembang secara pesat hingga saat ini. Adapun jenis-jenis ikan yang diekspor adalah, Ikan Tuna, Kerapu, Sunu, Kakap Merah dan lainnya. Yang paling banyak digemari adalah Ikan Tuna, Kakap dan Sunu. Rencananya kata Direktur Utama PT PT Mega Bahari Adhimandiri ini, para eksportir akan membidik pasar Timur Tengah.
“Namun kemungkinan bukan dalam bentuk ikan segar, tapi ikan yang sudah diolah dalam bentuk ikan kaleng,” tandasnya optimis. Dia mengharapkan, pemerintah provinsi dibawah nahkoda Gubernur Syahrul Yasin Limpo, tetap memberikan ruang kepada para eksportir untuk berkembang seperti yang dilakukan selama. Sehingga para eksportir ikan segar akan semakin maju dan bisa menambah tumbuhnya perekonomian Sulsel dan mengurangi pengangguran. Sekedar diketahui, perputaran uang dalam bisnis ekspor ikan segar dari Sulawesi Selatan (Sulsel) cukup menjanjikan sepanjang tahun ini.
Uang yang beredar dari hasil ekspor ikan segar mencapai Rp1 miliar setiap harinya atau sebesar Rp30 miliar akumulasi per bulan. Pengelolaan yang masih kurang baik, menjadi penghambat kian berkembangnya ekspor ikan segar dari Sulsel. “Jika melihat peluangnya, ekspor ikan segar dari Sulsel bisa mencapai nilai lebih tinggi lagi dari pencapaian selama ini,” ujarnya. (mg10/ade)
Sumber: http://www.ujungpandangekspres.co/ekspor-ikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar