Kamis, 02 Agustus 2012

Pemprov Sulsel Kucurkan Rp9,3 Miliar Untuk Pendidikan Gratis SMA di Wajo


KAMIS, 02 AGUSTUS 2012

SENGKANG,  – Pemerintah Kabupa­ten Wajo mendapat kucuran dana sebesar Rp9,3 miliar untuk program pendidikan gratis tingkat SMA. Anggaran itu dimasukkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2012.
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Wajo, Andi Muslihin mengemukakan pelaksanaan pendidikan gratis
SMA/sederajat sesuai SK Gubernur No 69 tahun 2012. Meski program itu sudah berjalan sejak Februari, namun baru dianggarkan pada APBD perubahan. Soalnya, APBD pokok disahkan Januari lalu.
Menurutnya, dana Rp9,3 miliar tersebut merupakan jatah untuk Kabupaten Wajo yang merupakan alokasi dari provinsi sebesar 40 persen. Sementara 60 persen ditanggung pemerintah daerah.
Sekretaris Dinas Pendidikan Wajo, Rusmin M Amin menuturkan, poin-poin yang digratiskan termasuk buku-buku paket dan seragam sekolah, terutama bagi siswa yang kurang mampu dan biaya-biaya operasional siswa ketika mengikuti lomba.
Sedangkan bagi siswa yang telanjur membeli seragam, kata dia, ada wacana dananya akan dikembalikan. Begitu juga bagi siswa kurang mampu yang telanjur membeli buku paket, dananya akan dikembalikan.
“Apa boleh buat yang sudah terlanjur membeli, paling nanti subsidi pengembalian dana. Sebenarnya kita mau berlakukan untuk semua siswa tapi tergantung ketersediaan anggaran,” ucapnya. (kr4/ami)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar