Selasa, 07 Agustus 2012

Syahrul Diminta Siapkan Konsep Overstok Pangan


Selasa, 07 Agustus 2012
JAKARTA – Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo diminta khusus oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk menyiapkan langkah strategis untuk mencapai target overstok pangan 10 juta ton sekaligus untuk mengamankan cadangan pangan nasional. 

Tugas tersebut dibebankan menyusul kemampuan Sulsel mencapai overstok beras dua juta ton dan jagung 1,5 juta ton. Perintah tersebut disampaikan langsung Presiden dalam sidang kabinet terbatas di Auditorium Gedung F Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta, kemarin. ”Tadi rapatnya membahas masalah pertanian khususnya kesiapan nasional mencapai overstok pangan. Kita targetkan bisa mencapai 10 juta ton untuk mengamankan cadangan pangan nasional,” jelasnya usai mengikuti rapat kabinet, kemarin.

Ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) ini mengatakan,Presiden SBY meminta untuk menyusun konsep dan langkahlangkah strategis yang akan dilakukan untuk mencapai target 10 juta ton pangan tersebut. Selain di bidang pangan,Presiden SBY juga meminta Syahrul menyiapkan langkah untuk menggenjot produksi sapi. Pasalnya, Sulsel dinilai berhasil sehingga bisa mencapai stok satu juta ekor sapi.

”Berdasarkan pengalaman di Sulsel itulah, saya diminta membuat rujukan, apa-apa saja yang harus dilakukan untuk mem-back up secara nasional,”jelasnya. Syahrul mengungkapkan, dalam rapat tersebut juga dibahas mengenai pemanfaatan lahan telantar.Menurutnya, jika lahan-lahan di sejumlah provinsi di Indonesia mampu dimaksimalkan, overstock pangan bisa tercapai dalam waktu dekat.

Sementara itu, Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Sulsel Agus sumantri mengatakan, kehadiran gubernur dalam rapat tersebut selain karena kompetensi,jugamenun-jukkan perhatian Pemerintah Pusat.

”Bukan hanya sebagai Ketua APPSI,tetapi pemikiran Syahrul Yasin Limpo sangat diharapkan bersama menteri Kabinet Indonesia Bersatu II untuk merumuskan dan menyusun kebijakan pemerintah,” terangnya. ● abriandi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar