Sabtu, 22 September 2012

Rangkaian HUT Sulsel - Oktober, Presiden SBY Resmikan Fort Rotterdam



Sabtu, 22 September 2012
MAKASSAR – Peresmian revitalisasi tahap I dan II Benteng Rotterdam Makassar akhirnya menemui titik terang. Rencananya, situs bersejarah tersebut akan diresmikan Presiden RI Susilo Bambang Yudhotono (SBY),Oktober mendatang. 

Kedatangan orang nomor satu di republic ini sekaligus untuk menghadiri Hari Ulang Tahun (HUT) Sulsel yang ke 343.Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sulsel Jufri Rahman mengatakan, penjadwalan ulang peresmian Fort Rotterdam menunggu kepastian kedatangan SBY. “Kita belum jadwalkan ulang peresmian revitalisasi Rotterdam karena menunggu kedatangan Presiden. Rencananya beliau akan datang pada Bulan Oktober,”katanya kepada wartawan kemarin.

Jufri yang juga Kepala Badan Diklat Sulsel menyebutkan,dalam kunjungan kerjanya ke Makassar, SBY dijadwalkan meresmikan Kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) di Pallangga Kabupaten Gowa. Diketahui,peresmian revitalisasi Rotterdam sudah tiga kali mengalami penundaan dari jadwal yang dilansir oleh Disbudpar Sulsel dan Pemprov Sulsel.

Awalnya, revitalisasi Rotterdam direncanakan diresmikan pada awal Januari lalu, kemudian ditunda tanggal 15 Februari, namun kembali diundur menjadi tanggal 22 Februari lalu.Kendati demikian, hingga saat ini belum juga diresmikan. “Sebenarnya kita sudah tidak menemukan adanya kendala yang berarti di sana. Proyek revitalisasi benteng sen-diri kan sudah lama rampung. Sisa mau diresmikan saja kok,” bebernya.

Revitalisasi yang berlangsung sejak tahun 2010 di Benteng Rotterdam telah rampung 100%.Revitalisasi tahap I dan II tersebut telah menghabiskan dana sebesar Rp37 miliar yang berasal dari anggaran pemerintah pusat. Sekretaris Disbudpar Sulsel Julianus Batara menyebutkan, revitalisasi tahap I dan tahap II ini meliputi pembuatan kanal di samping Rotterdam, renovasi dan pengecetan gedung peninggalan Belanda ini, serta pembuatan ruang terbuka hijau (RTH) di bekas Kantor Disperindag Sulsel.

Selain itu,revitalisasi ini juga menyentuh penataan ulang Museum Lagaligo yang berada di dalam kompleks Fort Rottedam. Meski belum diresmikan pasca revitalisasi,namun benteng ini tetap dibuka untuk umum. ● wahyudi 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar