Senin, 01 Oktober 2012

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan Menyiapkan 200 Pompa Air


Sen, 01/10/2012



Dalam menghadapi dampak kekeringan yang berkepanjangan, Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Sulawesi Selatan menyiapkan 200 unit pompa air bagi petani. Ratusan unit pompa air tersebut telah disebar ke beberapa wilayah, utamanya di daerah yang terancam mengalami kekeringan yang berkepanjangan seperti daerah Sidrap, Soppeng, Bantaeng dan Bone. Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Sulawesi Selatan, Soeprapto Budi Santoso mengatakan bahwa Pompa air ini selain dipergunakan oleh para petani juga diperuntukkan bagi kelompok masyarakat yang kesulitan memperoleh air bersih pada musim kemarau ini. Dan jika terjadi kekeringan secara mendesak, maka ke 200 unit pompa ini bisa dimobilisasikan kelapangan-lapangan. Hal ini dikatakan di Makassar, baru-baru ini.

Pompa air tersebut bersifat pinjam pakai, setelah dipakai seluruhnya harus dikembalikan kepada Sumber Daya Air dan seluruh pompa ini mempunyai ukuran yang sedang sehingga ringan untuk diangkat dan dipindahkan. Rata-rata petani yang masuk dalam binaan Pengelolaan Sumber Daya Air Sulawesi Selatan selalu memperoleh pompa air tersebut.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pelayanan Jasa dan Informasi BMKG Wilayah IV, Sujarwo menyebutkan bahwa kemarau panjang akan melanda Kabupaten Sidrap, Soppeng, Bantaeng dan Bone. Keempat daerah ini memasuki musim hujan pada Maret dan April 2013, sementara di daerah lain mulai memasuki musim hujan pada November-Desember 2012. Selain pompa, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan juga menyiapkan sejumlah embung atau sumber mata air buatan yang bisa dipergunakan oleh kelompok petani, sebab embung bisa mengurangi dampak kekeringan yang berkepanjangan.

Sumber: http://www.sulsel.go.id/content/pemerintah-provinsi-sulawesi-selatan-menyiapkan-200-pompa-air

Tidak ada komentar:

Posting Komentar