Senin, 01 Oktober 2012

Turis Asing Kagumi Wisata Sulsel


Senin, 01 Oktober 2012 

  
 Tawakkal/Fajar
PELESIRAN. Sejumlah turis asing dari beberapa negara di Eropa tiba di Makassar dengan mengendarai kapal pesiar MV Orion II Minggu, 30 September. Mereka disambut khusus plh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel, Jufri Rahman.


MAKASSAR, -- Kapal pesiar asal Spanyol, MV Orion II, sandar di pelabuhan Soekarno Hatta, Minggu 30 September. Sejak tiba kemarin, 74 penumpangnya melakukan berbagai kunjungan wisata di beberapa tempat di Sulawesi Selatan. Salah satunya adalah Tana Toraja.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan, H Jufri Rahman mengatakan, kapal pesiar MV Orion II yang sandar di Makassar dan utuk pertama kalinya langsung ke objek wisata di Tana Toraja. Jufri lebih khusus memberi apresiasi kepada perusahaan travel Indosella yang mendatangkan para penumpang kapal pesiar itu untuk tinggal selama empat hari di Sulsel. 


MV Orion II melakukan tur wisata ke berbagai negara. Sebelumnya, kapal tersebut sandar di Australia dan lalu berlabuh di Pelabuhan Sulawesi Barat, Parepare, dan Makassar. 


"Ini sebuah terobosan baru. Biasanya penumpang kapal pesiar tidak lebih sehari menetap di Makassar, apalagi mengunjungi objek wisata di luar Makassar," kata Jufri Rahman usai menjamu para penumpang kapal pesiar MV Orion II di halaman Gedung Mulo, Jalan Jenderal Sudirman, Makassar kemarin.
 

Dia menjelaskan, Pemprov Sulsel siap memberikan insentif khusus maupun fasilitas bagi sejumlah agen travel yang mampu membawa wisatawan ke Sulsel, apalagi untuk tinggal dan menetap di daerah ini selama beberapa hari.
 
"Fungsi pemerintah memang serve and protect atau melayani dan melindungi sejumlah pelaku usaha yang mendatangkan wisatawan asing di daerah ini," kata dia.

Berdasarkan data manivest, kapal pesiar MV Orion II sebanyak total penumpang yang terdiri dari 37 laki-laki dan 33 perempuan yang mengikuti paket perjalanan wisata di wilayah Sulsel termasuk objek wisata yang di Makassar, Maros, Parepare, Enrekang dan Tana Toraja.
 

William Hood, salah satu wisatawan asal Amerika yang menumpang MV Orion juga memberikan apresiasi kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel yang telah menjamu kunjungan mereka di gedung Mulo dengan beragam atraksi wisata dan kuliner khas Sulsel.
 

"Kami sangat senang berkunjung di sini. Masyarakat dan pemdanya sangat ramah. Kami senang bisa berada di sini," ucapnya.
 

Kapal MV Orion II yang mengangkut turis asal Amerika, Australia, Hongkong, dan New Zealand ini akan mengunjungi objek wisata gunung Bambapuang di Enrekang, kemudian bergerak menuju Tana Toraja selama sehari.
 
Di Tana Toraja, wisatawan akan diajak mengunjungi makam unik Londa dan perkampungan tradisional Kete Kesu di Rantepao, Tana Toraja Sulsel. (sbi/pap)


Sumber: http://www.fajar.co.id/read-20120930185353-turis-asing-kagumi-wisata-sulsel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar