Jumat, 30 November 2012

Sosialisasi PMA-PMDN ke Pengusaha


Jumat, 30 November 2012


BADANKoordinasi Penanaman Modal Daerah (BKPMD) Sulsel bersama CV Mitra Publika menggelar sosialisasi Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) pengusaha,pemuda dan mahasiswa terkait keberadaan mereka yang selama ini beraktifitas di Sulsel,di Hotel Trisula,kemarin.

Sosialisasi diikuti ratusan peserta dengan menghadirkan pembicara Pejabat Kantor Pajak wilayah Sulsel Sugiarto dan Staf Bidang Pengembangan Sumberdaya BKPMD Sulsel Nuralam. Nuralam menyebutkan, peran BKPMD dalam mendorong pertumbuhan PMA dan PMDN di Sulsel sangat besar,meski aturan tugas untuk mengeluarkan perizinan investasi masih dibatasi,khususnya berkaitan dengan PMA yang masih menjadi kewenangan pemerintah pusat.

Salah satunya,dapat dilihat dengan semakin banyaknya perusahaan yang masuk ke Sulsel dengan menanamkan investasinya,dengan latar belakang bidang mulai dari pertambangan,konstruksi hingga perdagangan. “Pemprov Sulsel senantiasa berusaha agar urusan penerbitan izin untuk PMA diserahkan ke provinsi, tujuannya tidak lain untuk memaksimalkan keberadaan perusahaan asing yang beroperasi agar memberikan kontribusi maksimal ke pemprov,”ujarnya.

Dia menjelaskan,upaya yang dilakukan untuk mengalihkan pengelolaan PMA itu dengan membangun kantor pelayanan satu pintu yang terakreditasi,sehingga ketika pengakuan itu bisa diperoleh barulah kewenangan bisa dialihkan ke provinsi. “Semua izin yang dikeluarkan BKPMD memberikan fasilitas ke pengusaha, dimana fasilitas itu beragam mulai kemudahan untuk mendapatkan potongan pembayaran bea masuk import hingga peminjaman peralatan melalui jaminan BKPMD,”katanya.

Dia mencontohkan,jika ada hotel berencana memasukkan tungku masak modern ke Makassar dan produknya belum diproduksi di Indonesia,melalui fasilitas BKPMD mereka dapat memperoleh potongan biaya impor jika seharusnya membayar sekitar 10% dari total harga produk maka melalui izin fasilitasi BKPMD mereka hanya dibebani pembayaran 8%.

Saat ini di Sulsel,dari sekitar 300 PMA dan PMDN, terdapat sekitar 100 PMA yang menggunakan izin fasilitasi tersebut. suwarny dammar
Sumber: http://www.seputar-indonesia.com/news/sosialisasi-pma-pmdn-ke-pengusaha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar