Rabu, 28 November 2012

Sulsel Dukung Stok Beras Nasional 10 Juta Ton


RABU, 28 NOVEMBER 2012 
MAKASSAR, — Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan siap memberikan dukungan terhadap pengadaan stok beras nasional yang mencapai 10 juta ton per tahun. Apalagi selama ini, Sulsel telah menjadi daerah produsen dan penyuplai beras nasional dengan over stok beras sebesar 2 juta ton per tahun.
Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu’mang menjelaskan, Sulsel sejauh ini siap memberikan kontribusi dalam pe­ngadaan stok beras nasional 10 juta ton.
Hanya saja, kata Agus, pemerintah pusat juga harus meningkatkan pembelian beras ke petani melalui penambahan target pembelian kepada Bulog.
“Selama ini, Bulog di Sulsel masih terbatas membeli beras petani yang hanya ditargetkan 526.000 ton per tahun, sehingga masih ada sekitar 1,5 juta ton beras  yang langsung dipasarkan antarpulau petani ke daerah lain,” ungkap Agus, usai acara sosialisasi dan rencana Gerakan Peningkatan Produksi Pangan Berbasis Korporasi (GP3K) intensifikasi 2013, di Baruga Lappo Ase Bulog Sulsel, Selasa, 27 November.
Lanjut, mantan Ketua DPRD Sulsel ini mengatakan, kebutuhan beras nasional yang rata-rata mencapai 10 juta ton per tahun, selama ini Sulsel memberikan kontribusi dengan stok beras nasional sebanyak 2 juta ton.
Hanya saja, sambung dia, untuk bisa memenuhi angka pengadaan nasional itu, Pemprov Sulsel berharap agar pemerintah pusat  memperhatikan petani di Sulsel dengan memberikan bantuan untuk peningkatan produksi.
“Misalnya melalui pembangunan sarana irigasi, pengalokasian bibit, pupuk dan obat-obatan secara tepat waktu. Ini karena biasanya petani kita mengalami berbagai kendala terkait sarana untuk meningkatkan hasil produksi pertanian,” katanya. (eky/ami)
Sumber: http://cakrawalaberita.com/ekonomi/sulsel-dukung-stok-beras-nasional-10-juta-ton

Tidak ada komentar:

Posting Komentar