Rabu, 28 November 2012

Sulsel Siap Dukung Beras Nasional


Provinsi Sulsel selaku daerah produsen beras yang memiliki over stok beras sebanyak 2 juta ton per tahun siap memberikan dukungan terhadap pengadaan stok beras nasional yang mencapai 10 juta ton per tahun. Untuk mendukung pengadaan beras stok nasional itu, maka pemerintah pusat juga harus meningkatkan pembelian beras ke petani melalui penambahan target pembelian oleh Bulog. Demikian diungkapkan Wakil Gubernur Sulsel, H.  Agus Arifin Nu’mang   usai membuka acara sosialisasi dan rencana Gerakan Peningkatan Produksi Pangan Berbasis Korporasi (GP3K) intensifikasi 2013, yang berlangsung di Baruga Lappo Ase Bulog Sulsel, yang juga dihadiri Kadis Pertanian Tanaman Pangan Sulsel, Lutfi Halide MP dan Kepala Perum Bulog Divre Sulselbar, Tommy S.Sikado dan juga mitra kerja pertanian lainya, Selasa, 27 November 2012.
Selama ini Bulog di Sulsel masih terbatas dalam membeli beras petani yang hanya ditargetkan 526.000 ton per tahun, sehingga masih ada sekitar 1,5 juta ton beras  yang langsung dipasarkan antar pulau oleh petani ke daerah lain melalui pelabuhan laut atau perahu layar motor. Jika pemerintah pusat mempercayakan petani Sulsel untuk menjadi penyedia beras, maka pemerintah pusat juga seharusnya menambah volume pembelian beras Bulog dari petani, yang selama ini masih berkisar 500.000 ton. Dengan meningkatkan  pembelian gabah petani, maka petani juga akan bergairah dan bersemangat untuk meningkatkan produksinya. Adanya jaminan harga  penjualan beras yang lebih baik, maka  petani juga bersemangat dalam mengelola usaha taninya.
Menurut Wagub, kebutuhan beras nasional rata-rata mencapai 10 juta ton, sedangkan Sulsel sudah memberikan kontribusi untuk stok nasional sebanyak 2 juta ton, namun untuk bisa memenuhi angka pengadaan nasional, maka pemerintah pusat juga semestinya memperhatikan petani Sulsel dengan memberikan bantuan untuk peningkatan produksi, misalnya melalui pembangunan sarana irigasi, pengalokasian bibit, pupuk dan obat-obatan secara tepat waktu, karena biasanya petani mengalami berbagai kendala di saat membutuhkan sarana produksi pertanian.

Sr/An (Rabu, 28 November 2012)
Sumber: http://www.sulsel.go.id/content/sulsel-siap-dukung-beras-nasional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar