Senin, 12 November 2012

Sulsel Target Wisman dari Asia


SENIN, 12 NOVEMBER 2012 
MAKASSAR, — Pemerintah Provinsi Sulsel melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan saat ini mengalihkan target kunju­ngan wisatawan mancanegara (wisman) dari Amerika dan Eropa ke Asia, seperti India, Cina, Singapura dan Australia.
Menurut Pelaksana Tugas Ke­pala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sulsel, Jufri Rahman, target wisman itu tidak lagi ke Amerika dan Eropa lantaran kondisi ekonomi di dua benua itu saat ini masih lemah.
“Untuk kunjungan dari luar, kami sudah tidak lagi jadikan Amerika dan Eropa sebagai target utama, sebab mereka sedang lesu ekonominya. Target kami sekarang pindah ke India, Cina, Singapura dan Australia, ini adalah pasar yang sangat potensial,” jelas Jufri Rahman, ­Minggu, 11 November.
Sebab itu, pihaknya mengaku tengah berkoordinasi dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sulsel, untuk me­lakukan persiapan dari segi bahasa menyambut kedatangan wisman tersebut.
“Dalam rangka menyambut mereka, saya sudah sampaikan ke PHRI, termasuk orang dari Dinas Pariwisata supaya mereka melengkapi anggotanya dengan kemampuan bahasa Mandarin dan bahasa Inggris,” katanya.
Sebelumnya, Jufri Rahman juga mengaku berencana menggelar program promosi pariwisata yang dinamakan Celebes Travel Mart (CTM) pada September tahun 2013 mendatang.
Hasil seminar tersebut diharap­kan akan melahirkan rekomendasi berupa proposal penyelenggaraan CTM yang kemudian akan diajukan ke Kementerian Pariwisata.
“Ini supaya kementerian memback-up kita setidaknya di segi promosinya, kalau lebih awal kita ma­sukkan maka kemungkinan besar akan terakomodir dalam anggaran kementerian,” ujarnya.(eky/ami)
Sumber:  http://cakrawalaberita.com/ekonomi/sulsel-target-wisman-dari-asia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar