Senin, 05 November 2012

Wagub Minta Pendidikan Agama Diajarkan Sejak Dini


Ditulis Oleh Akbar on  
MAKASSAR,–Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu’mang meminta pendidikan agama diajarkan kepada anak-anak sejak usia dini. Sebab, pemahaman nilai-nilai agama, etika dan moral kepada anak-anak sejak usia dini akan menjadi bermanfaat dan menjadi modal dasar untuk membentuk generasi muda yang cerdas, kuat dan beretika.
“Pendidikan agama sebaiknya diperkenalkan kepada anak-anak sejak usia dini, seperti ketika anak-anak itu masih dibina di taman kanak-kanak atau play group,” pintanya ketika membuka Musyawarah Wilayah (Muswil) ke-II Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) di Kanwil Kementerian Agama Sulsel, , Sabtu (3/11). Wagub mencontohkan, Jepang. Menurut dia, Jepang bisa tumbuh sebagai bangsa yang hebat, kuat dan maju, itu karena Jepang sudah memberikan bekal pengetahuan dan pemahaman soal etika, moral dan nilai-nilai budaya kepada anak-anaknya sejak masih usia dini.
Malanya, kalangan generasi muda di Jepang sangat menjunjung tinggi nilai-nilai moral, etika dan budayanya. Untuk itulah, lanjut Wagub, seorang pembina atau pengajar anak-anak usia dini mesti memberikan porsi yang besar terhadap pembelajaran atau pemahaman soal agama dan nilai-nilai moral. Agar bangsa kita bisa maju dan berkembang seperti orang Jepang yang senantiasa memelihara dan melestarikan nilai-nilai etika dan budaya mereka sendiri.
“Disinilah peran para ibu pengajar, karena mengajar anak usia dini itu relatif membutuhkan kesabaran dan pendekatan kasih sayang. Makanya untuk menjadi pengajar usia dini itu memang harus memiliki bakat dan keterampilan tersendiri, dimana bakat seperti itu tidak dimiliki oleh guru-guru dari kalangan pria,” terangnya. Sementara Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulsel, Gazali Suyuti selaku pembina dari PW IGRA Sulsel, menuturkan Muswil IGRA ke II ini diikuti sebanyak 150 peserta yang berasal dari 23 kabupaten/kota di Sulsel. Muswil tersebut, berlangsung selama dua hari. (mg10/ade)
Sumber: http://www.ujungpandangekspres.co/ragam/wagub-minta-pendidikan-agama-diajarkan-sejak-dini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar