Selasa, 01 Januari 2013

Kereta Api Trans Sulawesi Dikerjakan 2013



MAKASSAR – Proyek pembangunan rel kereta yang menghubungkan beberapa kota di Pulau Sulawesi akan mulai dikerjakan di 2013. Hal ini diketahui setelah adanya kesepakatan bersama antara Kementerian Perhubangan (Kemenhub) RI dengan Gubernur se- Sulawesi.

Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub) Bambang Susantono yang melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan enam gubernur di Sulawesi saat menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Toraja Utama, akhir pekan lalu, berharap hal ini terlaksana secepat mungkin.

Ia mengatakan MoU ini sudah sesuai dengan amanat Undang- Undang No 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian yang mengamanahkan agar penyelenggaraan perkeretaapian dilaksanakan secara multioperator. Selain itu juga memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada pemerintah daerah. ”Tujuan dari kesepakatan bersama ini adalah untuk mewujudkan peran moda kereta api sebagai angkutan massal dan kelancaran perekonomian yang terintegrasi inter dan antar moda pada masing-masing wilayah Pulau Sulawesi,” ujarnya.

Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo mengatakan, sejak 2009 lalu pemerintah pusat dan pemerintah provinsi telah melakukan upaya-upaya melalui penyusunan master plan dalam rangka mendukung terwujudnya perkeretaapian di Pulau Sulawesi. Kali ini diwujudkan dengan kesepakatan bersama.

Kereta api trans Sulawesi dalam perencanaanya akan dibagi dua kelas.Kereta api perkotaan yang mencakup Mamminasata (Makassar-Maros-Sungguminasa- Takalar) dan kereta api antar kota lintas Pulau Sulawesi antara lain Makassar – Parepare; Makassar – Takalar – Bulukumba; Manado – Bitung; dan Manado – Gorontalo.

Rel kereta api sepanjang 2.000 kilometer (km) akan dibangun dengan estimasi biaya mencapai Rp50 triliun.Jika jalur yang nantinya dilalui harus membuat terowongan, biaya yang disediakan akan dua kali lipat. ancha hardiansya

Sumber: http://www.seputar-indonesia.com/news/kereta-api-trans-sulawesi-dikerjakan-2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar