Selasa, 01 Januari 2013

APBD Sulsel Disahkan Rp5,6 Triliun


MAKASSAR – Sempat ditunda beberapa kali,Peraturan Daerah (Perda) tentang Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Sulsel 2013, akhirnya disahkan dalam rapat paripurna yang digelar,kemarin.

Total APBD yang disahkan untuk 2013 berjumlah Rp5,6 triliun, terdiri dari belanja tidak langsung Rp3,37 triliun, dan belanja langsung Rp2,07 triliun. Sementara itu, target pendapatan untuk tahun ini ditetapkan sebesar Rp5,02 triliun. Dalam APBD Pokok tersebut, juga telah termasuk dana pinjaman dari Pusat Investasi Pemerintah (PIP) sebesar Rp500 miliar, untuk me-maintenance 11 ruas jalan di kabupaten/ kota.

Rapat paripurna yang digelar tepat pada batas akhir pengesahan anggaran yang ditargetkan Kementerian Keuangan tersebut, langsung Ketua DPRD M Roem dan dihadiri Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo. Langkah pengesahan dipenghujung tahun ini sekaligus menghindarkan Pemprov dari sanksi pemotongan Dana Alokasi Umum (DAU) 25% dari Kemenkeu.

Sekretaris Badan Anggaran (Banggar) DPRD Mukhtar Tompo dalam laporannya mengatakan, penetapan APBD 2013 ini telah sesuai dengan prosedur yang ditetapkan. Khusus pinjaman Rp500 miliar, kata dia, proses pencairannya baru bisa dilakukan di 2013 nanti, dan dalam waktu dekat ini akan dibentuk tim khusus untuk pengelolaan dana pinjaman dari PIP. “APBD yang disahkan hari ini (kemarin), sudah ada item pinjaman Rp500 miliar di dalamnya,” katanya kepada wartawan.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Sulsel Yushar Huduri menyebutkan, pinjaman ini akan dikembalikan dalam lima tahunnya. Setiap tahunnya, kata dia, pihak Pemprov wajib mengembalikan sebesar Rp100 miliar, dalam empat kali pembayaran,yang juga dicamtumkan dalam APBD.

Sementara itu,Pemprov juga diwajibkan membayarkan fee sebesar 1,5% atau Rp7,5 miliar, plus bunga yang dibayarkan setiap tiga bulan sekali. Pasca penetapan APBD 2013,Syahrul Yasin Limpo berpesan kepada seluruh SKPD, agar menggunakan anggaran tersebut secara cepat dan terarah.

Dia menggarisbawahi, anggaran ini bukan untuk kepentingan lain, melainkan untuk kesejahteraan masyarakat di Sulsel. “Saya harapkan seluruh SKPD, agar triwulan I 2013 sudah bisa dimaksimalkan anggarannya. Tahun 2013 harus lebih sempurna,”imbuhnya. ●wahyudi

Sumber: http://www.seputar-indonesia.com/news/apbd-sulsel-disahkan-rp56-triliun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar