Kamis, 05 Januari 2012

Pelatihan Peningkatan Respon Terhadap HIV Dan AIDS

Perkembangan kasus HIV dan AIDS di Sulawesi Selatan dalam lima tahun terakhir ini meningkat secara signifikan. Merujuk data Dinas Kesehatan Sulsel, jumlah penderita HIV dan AIDS tahun 2006 sebanyak 648 kasus sedangkan per September 2011 sebanyak 4.908 kasus. Diperkirakan akhir Desember 2011 lalu telah mencapai angka 5.000 kasus atau naik rata-rata di atas 70 persen per tahun. Situasi tersebut tentu saja sangat memprihatinkan, apalagi satu diantara dampak buruk yang potensial terjadi dengan semakin meningkatnya kasus HIV dan AIDS itu adalah perlakuan diskriminasi dan stigma terhadap orang dengan HIV dan AIDS (ODHA), ini adalah merupakan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM). Hal ini terungkap pada hari kedua, Pelatihan Peningkatan Respon Terhadap HIV dan AIDS untuk Mengurangi Stigma dan Diskriminasi yang digelar di Hotel Mercure, Rabu, 4 Januari 2012 di Makassar. Pelatihan ini dilaksanakan oleh Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Pemprov. Sulsel.
Menurut Ketua Kelompok Kerja (Pokja) AIDS, Mulyadi Prajitno, pelatihan tersebut digelar dengan maksud untuk meningkatkan pemahaman terhadap masalah HIV, AIDS dan HAM, juga keterampilan dalam mencegah pelanggaran HAM terutama bagi ODHA dan keluarganya. Adapun tujuan lain dari pelatihan ini adalah untuk membangun toleransi dan empati terhadap ODHA.
Sementara itu, salah satu anggota KPA Sulsel, Andi Akbar Halim mengemukakan, terjadinya stigma itu seringkali menyebabkan diskriminasi dan pada gilirannya akan mendorong munculnya pelanggaran HAM terhadap ODHA dan keluarganya, padahal stigma dan diskriminasi terhadap ODHA juga bisa makin memperparah epidemic HIV dan AIDS dan dikhawatirkan pula masih tingginya stigma dan diskriminasi terhadap ODHA dan keluarganya itu akan memelihara kebiasaan dan penyangkalan tentang HIV dan AIDS yang pada gilirannya bisa menghambat usaha pencegahan dan perawatan terhadap para ODHA.

Sumber : http://www.sulsel.go.id/content/pelatihan-peningkatan-respon-terhadap-hiv-dan-aids

Tidak ada komentar:

Posting Komentar