Senin, 02 Januari 2012

Sulawesi Selatan Target Seratus Ribu Turis Tahun 2012

Minggu, 1 Januari 2012 di Bandara Sultan Hasanuddin, sedikitnya 50 wisatawan asing disambut dengan tarian adat sebagai kunjungan pertamanya ditahun baru ini. Mereka berasal dari beberapa negara di Eropa, seperti Jerman dan Belanda. Ada juga wisatawan mancanegara dari China dan Jepang. Rombongan tiba di Makassar sore kemarin dengan menggunakan pesawat Air Asia setelah sebelumnya transit di Kuala Lumpur, Malaysia. Kedatangan mereka disambut secara sederhana yang dipimpin Kepala Dinas Kebudayaan dan Parawisata Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Suaib Mallombassi. Para turis itu disambut dengan tarian khas Tana Toraja dan diberikan rangkaian bunga sebagai tamu istimewa tahun ini.
Wisatawan yang berasal dari Jepang, Ko Hey sangat terkejut dengan penyambutan ini. Dia tidak menyangka kalau Kepala Dinas Parawisata menyambutnya seperti ini. Begitu pula halnya dengan wisatawan dari china, Qitey yang juga mengungkapkan perasaan yang sama.
Qitey mengaku kalau tujuan utamanya ke Sulawesi Selatan untuk berkunjung ke Tana Toraja dan menghabiskan awal tahunnya selama musim libur di sana. Rata-rata wisman kunjungan utamanya ke Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara yang memiliki banyak obyek wisata unggulan di Sulawesi Selatan. Walaupun masih ada beberapa yang mengaku akan tinggal sementara di Makassar sebelum menuju ke Toraja, Suaib Mallombassi menanggapi hal itu dan mengatakan bahwa penyambutan wisatawan pertama di tahun 2012 memang sudah direncanakan dengan melakukan persiapan termasuk menghadirkan tarian daerah.
Para tamu akan disambut dengan tarian, itu dilakukan untuk menghormati mereka yang berkenan datang ke Sulsel, dan jika Sulawesi Selatan memiliki banyak tempat wisata yang cukup menjanjikan dan dapat menambah penghasilan daerah, Tana Toraja misalnya, kunjungan wisatawan mancanegara dan wisatawan domestik mengalami peningkatan terutama saat program Lovely December.
Awal tahun ini diharapkan target wisatawan di Sulawesi Selatan meningkat dibanding tahun lalu, sebab sebelumnya Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan sudah menargetkan sebanyak 100 ribu kunjungan wisman untuk hadir ke Sulawesi Selatan selama 12 bulan kedepan. Target keseluruhan yang akan dicapai berjumlah 4000 kunjungan, baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik, apalagi tahun 2012 ini disebut tahun kunjungan.
Menurut Suaib, tahun ini pihaknya akan melakukan kemasan sedemikian rupa untuk menarik lebih banyak wisatawan masuk ke Sulawesi Selatan sebagai upaya untuk mencapai target. Beliau mengaku optimis dengan prediksi capaian tersebut dengan mengingat Visit Sulawesi Selatan 2012 adalah juga merupakan salah satu andalan program pemerintah yang akan dikemas dengan menarik. Semakin bagus obyeknya maka semakin lama wisatwan itu akan tinggal, inilah yang terus dikembangkan kedepan untuk menunjang sektor parawisata sebagai salah satu industri bagi Sulawesi Selatan.

Yaya (Senin, 2 januari 2012) 



Sumber : http://www.sulsel.go.id/content/sulawesi-selatan-target-seratus-ribu-turis-tahun-2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar