Rabu, 14 Maret 2012

Pemerintah Provinsi Sulsel Mendapat Kucuran Anggaran dari APBN Tahun 2012

Untuk program pencapaian swasembada daging nasional, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mendapat kucuran anggaran sebesar Rp 30 miliar dari APBN tahun 2012.  Anggaran tersebut merupakan dukungan pemerintah pusat untuk mencapai swasembada daging sapi  dan kerbau nasional tahun 2012. Hal tersebut disampaikan  Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sulsel, H. Murtala Ali, Selasa 13 Maret 2012.
Tahun ini Direktorat Jenderal Peternakan Kementrian Pertanian menargetkan peningkatan populasi ternak di Sulsel, baik sapi maupun kerbau. Kita targetkan untuk sapi maupun kerbau hingga 1 juta 80 ribu ekor, pihaknya mengaku optimis bakal mencapai target yang diberikan oleh pemerintah pusat sebelum akhir tahun 2012 ini. Sebab hingga Februari lalu populasi sapi  dan kerbau di Sulsel telah mencapai 1 juta 21 ribu ekor. Selain itu ia juga menjelaskan bahwa khusus untuk pengembangan kerbau di Sulsel pihaknya fokus  pada 8 Kabupaten/Kota di antaranya  Kabupaten Tana Toraja, Toraja Utara, Bone, Takalar, Bantaeng, Soppeng dan Wajo.
Bantuan ini diharapkan bisa meningkatkan penyediaan pangan hewan yang aman,sehat dan halal.   Bantuan dana pencapaian swasembada daging sapi kerbau, itu diberikan langsung ke rekening kelompok  di kabupaten dan pemanfaatanya akan diawasi langsung oleh Dirjen Peternakan sebagai bentuk keseriusan meningkatkan stok daging nasioanal. Program ini diharapkan bisa mengurangi ketergantungan Indonesia terhadap daging import. Sementara untuk pemanfaatan dananya, lanjut dilakukan dalam bentuk peningkatan populasi ternak, produksi pakan, pengendalian dan penanggulangan penyakit, serta pemberian pelatihan kepada kelompok ternak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar