Rabu, 14 Maret 2012

Tahun Ini, Sulsel Bangun 10 Jembatan dari APBN


RABU, 14 MARET 2012


 
MAKASSAR,  – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel terus berupaya melakukan pembangunan infrastruktur sepanjang tahun 2012 ini. Selain jalan penghubung antar kabupaten, tahun ini pemprov akan membangun sekitar 10 jembatan di beberapa kabupaten/kota.
Kepala Dinas Bina Marga Provinsi Sulsel, Abdul Latief, di kantornya, Selasa, 13 Maret, mengatakan, tahun ini pihaknya akan merealisasikan pembangunan 10 jembatan dari alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2012.
“Secara nasional dari APBN, kita ada penanganan jalan berkala 14 paket. Seperti, rekonstruksi jalan sebanyak delapan kegiatan, pelebaran jalan 18 unit dan termasuk pembangunan jembatan ada 10 unit.
Sehingga, total jumlah paket ada 50 kilometer. Ini sudah disiapkan total anggaran Rp821 miliar,” jelas Abdul Latief.
Dia menambahkan, 10 jembatan tersebut, di antaranya ada di Kabupaten Luwu, Kabupaten Tana Toraja, Kabupaten Pinrang, Kabupaten Sidrap, Bone, Wajo, dan Kota Makassar.
“Tahun ini kita ada penanganan jembatan, ada di beberapa kabupaten. Seperti, jembatan COI (Centrapoin of Indonesia) di Kota Makassar dan Jembatan Solo di perbatasan Wajo dan Bone,” katanya.
Selain itu, ia juga mengaku bahwa ada sejumlah pembangunan jalan yang dilakukan untuk penyelesaian. Salah satunya, pengerjaan jalan poros Maros-Parepare yang saat masih tersisa sekitar 7,5 kilometer.
“Maros-Parepare yang panjangnya 122 kilometer, tahun ini saya kira kita sisa menangani sekitar 7,5 kilometer. Beberapa jembatan (pada poros Maros-Parepare) tahun ini juga akan kita laksanakan,” ujarnya.
Untuk itu, lanjut dia, pihaknya telah mempersiapkan dana sebesar Rp170 miliar lebih untuk merampungkan pengerjaan jalan tersebut.
“Kita menyiapkan dana sebesar Rp170 miliar lebih. Dan memang ada lahan sekitar tiga kilometer yang sementara kita negosisasikan, paling tidak ini sudah bisa hampir selesai pada akhir tahun ini,” jelasnya.
Pembangunan jembatan pada poros tersebut diperkirakan akan selesai pada awal tahun 2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar