Sabtu, 17 Maret 2012

Sulsel Deklarasi Ujian Nasional Jujur

Sabtu, 17 Maret 2012 


MAKASSAR, -- Pemprov Sulsel berharap dugaan kebocoran soal saat ujian nasional (UN) tidak lagi muncul di provinsi ini. Dinas Pendidikan Sulsel pun mengimbau siswa dan guru lebih jujur saat UN.

SEBAGAI langkah awal agar siswa, guru, hingga Dinas Pendidikan di tingkat kabupaten dan kota bisa lebih jujur dalam UN, maka akan dilakukan Deklarasi UN Jujur. Deklarasi ini digelar di Universitas Hasanuddin, Senin, pekan depan. Secara khusus, deklarasi yang dirangkaikan pertemuan UN ini dihadiri Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Musliar Kasim.

Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Andi Patabai Pabokori, usai salat Jumat di Kantor Gubernur Sulsel mengatakan, langkah ini merupakan bagian dari persiapan Sulsel menghadapi UN yang dilaksanakan 16 April mendatang. "Senin ini akan ada pertemuan se-Sulsel terkait persiapan UN di Unhas. Di situ ada deklarasi masalah kejujuran. Kita mau bagaimana pelaksanaan UN ini tingkat kejujurannya harus diprioritaskan. Baik oleh siswa maupun guru-guru," kata Patabai, Jumat, 16 Maret.

Pertemuan dan deklarasi ini melibatkan banyak pihak yang terkait UN. Termasuk dari kabupaten dan kota se Sulsel. "Semua kepala dinas pendidikan kabupaten dan kota akan hadir. Siswa juga kita undang," beber Patabai.

Unhas dipilih sebagai tempat pertemuan dan deklarasi sebab menurut Patabai, tahun ini, mereka tetap menjadi pengawas eksternal pelaksanaan UN. "Mereka pengawas. Dan pada dasarnya, seperti tahun sebelumnya, selain pengawas intern yang terdiri dari guru-guru, juga ada pengawas dari perguruan tinggi. Setiap tahun begitu," jelas Patabai.

Terkait kesiapan pelaksanaan UN, pejabat yang akan memasuki masa pensiun ini mengatakan, siswa dan guru sudah siap. "Kita sudah siap semua. Bahkan jauh lebih siap dan mantap dari tahun lalu. Motivasi orang tua juga lebih siap bersama sarana. Kita yakin UN bisa lebih bagus dari tahun lalu. Kita juga mengharapkan prestasi kelulusan dari tahun-tahun sebelumnya lebih bagus," kata mantan Bupati Bulukumba itu.



Sumber: http://www.fajar.co.id/read-20120316183926-sulsel-deklarasi-ujian-nasional-jujur'

Tidak ada komentar:

Posting Komentar