Sabtu, 17 Maret 2012

Sulsel Siap Awasi Penyaluran BLSM

Sabtu, 17 Maret 2012 
Agus dan Ilham Ketemu Wapres 
JAKARTA,  -- Sulawesi Selatan siap mengawasi penyaluran Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) yang merupakan reinkarnasi dari Bantuan Langsung Tunai (BLT). Kesiapan tersebut diungkapkan Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu'mang, usai bertemu Wakil Presiden Boediono di Istana Wakil Presiden, Jumat, 16 Maret.

Wakil Presiden Boediono, kemarin mengumpulkan seluruh gubernur dan kepala daerah ibu kota provinsi se-Indonesia. Dari Sulsel, hadir Agus Arifin Nu'mang, mewakili Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo. Selain Agus, juga hadir Wali Kota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin.

Pertemuan tersebut sedianya dipimpin Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Namun, karena orang nomor satu Indonesia itu harus mendampingi Ibu Negara Kristiani Herawati yang sedang menjalani operasi pengangkatan batu empedu di RSPAD Gatot Subroto, maka tugas tersebut didelegasikan ke Boediono.

Kepada seluruh kepala daerah yang hadir, Boediono menyampaikan agar para kepala daerah bisa ikut mengawasi penyaluran BLSM yang merupakan subsidi atas kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Selain BLSM, pemerintah juga akan menyalurkan tambahan beasiswa untuk masyarakat miskin.

Agus kepada FAJAR di Jakarta mengatakan, Sulsel siap melakukan pengawasan penyaluran BLSM dan tambahan beasiswa masyarakat miskin tersebut. Menurutnya, pihaknya akan berkoordinasi dengan forum muspida di tingkat daerah.

Penyaluran BLSM dan bantuan beasiswa masyarakat miskin itu, disalurkan melalui Kantor Pos. Ada 18,5 juta rumah tangga sasaran (RTS) yang akan mendapatkan BLSM dengan jumlah Rp150 ribu per bulan. Dengan jumlah sasaran, durasi program, dan besarnya nilai bantuan tunai tersebut, kebutuhan anggaran diperkirakan mencapai Rp25,6 triliun.

BLSM akan disalurkan tiga bulan sekali di kantor pos, sehingga masyarakat penerima akan menerima senilai Rp450 ribu satu kali penyaluran. Selain BLSM, anak-anak warga miskin juga akan mendapatkan tambahan beasiswa dengan total anggaran tambahan Rp2,5 triliun.


Sumber: http://www.fajar.co.id/read-20120316235800-sulsel-siap-awasi-penyaluran-blsm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar