Kamis, 05 April 2012

Pelabuhan Untia - ADB Suntik Dana Rp100 Miliar


Kamis, 05 April 2012
MAKASSAR – Asian Development Bank (ADB) menyuntikkan anggaran sebesar Rp100 miliar untuk perampungan Pelabuhan Perikanan Nasional (PPN) Untia di Kecamatan Biringkanaya,Makassar.


Suntikan dana yang dikucurkan bank yang berpusat di Arab Saudi tersebut, dalam bentuk pinjaman Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sulsel Miftahuddin mengungkapkan, pinjaman ADB tersebut akan baru dicairkan pada 2013 mendatang. “Kemungkinan kepastiannya pada akhir 2012, sehingga cair di awal 2013. Dana pinjaman ini merupakan lobi KKP untuk pelabuhan perikanan di Sulsel,” jelasnya kepada wartawan kemarin.

Dia menyebutkan, dengan anggaran Rp100 miliar ini, dia menjamin PPN Untia yang beberapa tahun terkatung-katung pengerjaannya, akan bisa langsung beroperasi.Tahun ini, kata Miftahuddin, PPN Untia mendapatkan Rp15 miliar dari APBN 2012. Dana ini dipakai untuk merampungkan dermaga sepanjang 150 meter, dengan lebar delapan meter.

“Sedangkan untuk Rp100 miliar ini nanti, akan dipakai untuk membangun dermaga yang panjangnya dua kali lipat yang ada sekarang. Ini juga untuk membangun areal fungsional yang luasnya tiga hektare,sehingga nanti bis langsung dioperasionalkan,” pungkasnya. ● wahyudi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar