Selasa, 10 April 2012

PKH Atasi Masalah Kemiskinan

Selasa, 10 April 2012
Mensos Puji Keberhasilan Sulsel

Makassar,--Program Keluarga Harapan (PKH) dinilai mampu mengatasi masalah kemiskinan, baik jangka pendek maupun dalam jangka panjang ke depannya. Hal tersebut terungkap dalam pelaksanaan Rapat Koordinasi PKH Wilayah Timur Tahun 2012, yang digelar di Hotel Grand Clarion Makassar, Selasa (10/4).
Gubernur Sulsel H Syahrul Yasin Limpo, mengatakan, PKH menjadi bagian yang saling menutupi dari berbagai akselerasi penurunan angka
kemiskinan di Sulsel. Karenanya, dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir, angka kemiskinan di Sulsel bisa turun dibawah angka rata-rata nasional.
"Hal ini menjadi bagian yang sangat serius yang perlu terus didorong. Program nasional yang harus dijabarkan di tingkat provinsi hingga kabupaten/kota," ujarnya.
Syahrul mengungkapkan, di Sulsel, pendidikan dan kesehatan gratis menjadi program prioritas. Karenanya, ketika ditambah dengan PKH, maka terjadi penguatan-penguatan di kedua sektor tersebut.
"Sayangnya, hanya tiga kabupaten di Sulsel yang mendapatkan PKH ini," kata mantan Bupati Gowa dua periode itu.
Sementara, Menteri Sosial, Salim Segaf Al Jufri, memuji program pendidikan dan kesehatan gratis yang diprogramkan Pemprov Sulsel. Sehingga, turut mendukung PKH yang merupakan program Kementrian Sosial.
"Kalau semua provinsi sama dengan provinsi Sulsel, maka angka kemiskinan bisa diturunkan sesuai target yang ditetapkan," puji Salim.
Salim menjelaskan, sejauh ini, PKH berjalan dengan sangat baik dan cukup berhasil. Semangat anak-anak untuk bersekolah meningkat, jumlah dokter dan guru yang disalurkan dari program PKH juga terus bertambah. Anggaran yang disiapkan juga terus mengalami peningkatan.
Bahkan, tahun ini, jumlahnya mendekati Rp2 triliun.
"Indonesia cukup banyak mendapat sorotan. Karenanya, kita fokus pada masalah pendidikan dan kesehatan," terangnya.
Menurutnya, peran ibu memberi kontribusi yang kuat dalam memutus mata rantai kemiskinan. Keyakinan bahwa kalau orangtua miskin, maka anaknya tidak boleh miskin harus menjadi mainset.
"Peran ibu sangat mendasar dalam PKH. Disitulah ibu mendapat conditional transfer minimal seratus  ribu per bulan," urainya.
Dalam acara rakor tersebut, juga digelar Penganugerahan Award PKH 2012 untuk berbagai kategori. Antara lain, kategori kabupaten/kota dengan verifikasi terbaik, kategori prosentase dana sharing PKH APBD I tertinggi, kategori prosentase dana sharing PKH APBD II tertinggi, kategori kerjasama pendamping dan operator PKH terbaik, kategori ketepatan dan kecepatan final clossing data untuk pembayaran terbaik, dan kategori perhatian daerah terhadap pendamping dan operator PKH terbaik.(Dewi)

Sumber: http://cakrawalaberita.com/provinsi/pkh-atasi-masalah-kemiskinan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar