Selasa, 10 April 2012

Musrenbang Infrastruktur Pangan Dan Energi Sulsel

Dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Sulawesi Selatan yang berlangsung di Hotel Clarion, Senin, 9 April 2012, Sulawesi Selatan akan terus berupaya meningkatkan dan memaksimalkan segala kinerja demi mewujudkan provinsi yang mampu mensejahterakan masyarakatnya. Setidaknya ada tiga sektor pokok yang menjadi prioritas dalam 2013 mendatang. Ketiga sektor yang menjadi pokok pembicaraan dalam Musrenbang, yakni pemberdayaan pangan, infrastruktur serta energi, dan PDAM atau kesediaan air bersih.
Gubernur Sulawesi Selatan, H. Syahrul Yasin Limpo mengatakan sejauh ini Sulsel mampu menunjukkan eksistensinya sebagai provinsi yang maju. Bahkan tak satupun indikator yang ditetapkan nasional yang tidak dilampaui Sulsel, khususnya pertumbuhan ekonomi Sulsel yang sangat pesat. Semua kemajuan yang dicapai Sulsel hari ini tentu bukan karena kerja gubernur semata, tetapi ini semua berkat dukungan dan kinerja yang baik bersama semua kabupaten/kota se Sulsel. Kita berharap kekompakan yang terjalin selama ini tetap bisa dipertahankan dan terus ditingkatkan demi kemajuan daerah kita.
Menurut Syahrul, Musrenbang kali ini harus bisa menghasilkan rumusan-rumusan demi kesiapan menyambut segala kemungkinan. Salah satunya, kesiapan jika seandainya subsidi BBM dicabut. Selesai Musrembang ini Sulsel sudah punya pedoman dan antisipasi atas segala kemungkinan. Termasuk kesiapan untuk menjaga stabilitas harga di pasar.
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Sulawesi Selatan, Tan Malaka Guntur mengatakan bahwa untuk menjalankan tiga target utama serta target lainnya di tahun 2013, Sulsel membutuhkan anggaran sekitar Rp 41 Triliun. Itu tentu meningkat dari anggaran tahun lalu yang hanya sekira Rp 34 Triliun yang seharusnya anggaran meningkat pada tahun 2013. Kita menyuplai beras kepada 14 provinsi dan juga termasuk penyetor pajak terbesar keempat, sehingga wajar kalau kita diberi dana yang lebih besar.
Direktur Dekonsentrasi dan Kerja Sama, Direktorat Jenderal Pemerintahan Umum, Kementerian dalam Negeri, Andi Sirajuddin Nonci menjelaskan, untuk mencapai prioritas dan sasaran pembangunan daerah tahun 2013, selain diperlukan dukungan dari seluruh pemangku kepentingan juga diperlukan peningkatan kerjasama pembangunan yang sinergi antara kabupaten/kota dengan provinsi dan antar provinsi lainnya. Diharapkan akan memperkokoh tanggung jawab bersama dalam memajukan kehidupan masyarakat melalui pembangunan daerah yang adil dan merata diseluruh wilayah NKRI.
Hr/Tn (Selasa, 10 April 2012)

Sumber: http://www.sulsel.go.id/content/musrenbang-infrastruktur-pangan-dan-energi-sulsel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar