Senin, 23 April 2012

Visi dan Pengembangan Sektor Pariwisata Sulawesi Selatan


Senin, 23 April 2012
Visi dan integritas adalah dua kapasitas utama yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin yang hebat. Organisasi yang hebat haruslah dimulai dari pemimpin yang hebat, dan setiap pemimpin yang hebat mempunyai impian yang berani, memiliki visi yang besar. Pemimpin yang efektif adalah orang-orang yang dengan visinya mampu untuk mengukir gambaran yang jelas tentang masa depan dan menghubungkannya dengan kegiatan orang yang dipimpinnya.
Hal inilah yang terbukti dimiliki oleh Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo. Visi ini dapat terlihat jelas pada berbagai program yang dicanangkan oleh Pemprov Sulsel, salah satunya dalam pengembangan sektor pariwisata di Sulawesi Selatan. Sektor Pariwisata tidak dapat dipungkiri merupakan yang kemajuannya akan memberi multiple effect pada sektor lain, termasuk jasa, dan UKM. Inilah salah satu alasan mengapa pengembangan sektor ini menjadi prioritas. Visi Pemprov Sulsel untuk menjadikan wilayah ini sebagai tujuan wisata dunia terus berupaya diwujudkan melalui langkah-langkah kongkrit.
Untuk mendukung Program Visit South Sulawesi, Pemprov Sulsel telah merevitalisasi beberapa situs bersejarah di Kota Makassar dan mendorong berbagai event pariwisata di kabupaten lain. Meskipun pada awalnya beberapa program ini mendapatkan resistensi dari masyarakat, namun pada akhirnya masyarakat pun mulai mendukung.
Hal ini dapat terlihat pada revitalisasi Benteng Rotterdam, Makassar dan Benteng Somba Opu melalui pembangunan Gowa Discovery Park yang baru-baru ini ditinjau oleh Gubernur Syahrul Yasin Limpo (20/04). Di Kabupaten Luwu Timur Festival Internasional I lagaligo yang dihadiri 17 raja dari seluruh nusantara diharapkan mampu menjadi etalase potensi wisata kabupaten ini. Beberapa waktu yang lalu dalam kunjungannya ke Singapore, Gubernur juga kembali mempromosikan Visit South Sulawesi.
Pengembangan potensi wisata ini tidak berhenti hanya di sini. Ke depan Pemprov misalnya, telah merencanakan merancang kota melayang di Kab. Malino. Visi Pemprov Sulsel khususnya di bidang Pariwisata ini harus terus didukung, minimal dengan menjaga aset yang telah dibangun dan dibiayai bersama ini. (yy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar