Senin, 23 April 2012

Visit South Sulawesi Perlu Berdayakan Daerah



Senin, 23 April 2012


MAKASSAR – Pakar budaya dan kepariwisataan Uni-versitas Hasanuddin (Unhas) Makassar Suriadi Mappangara mengatakan, untuk mendukung Visit South Sulawesi 2012 perlu memberdayakan daerah kabupaten/kota.


”Program Pemprov Sulsel yang sudah memasuki pertengahan tahun ini belum terlihat gregetnya.Karena itu,perlu memberdayakan daerah,”kata Suriadi di Makassar,kemarin. Menurut dia,tanpa melibatkan dan memberdayakan pemda dalam mendorong sektor pariwisata di daerah ini, maka program unggulan Pemprov Sulsel tersebut akan berjalan sendiri. Mengenai kalender wisata yang sudah dibuat Pemprov Sulsel sepanjang 2012, dia mengatakan, masih perlu sosialisasi lebih gencar.

”Hal itu dimaksudkan untuk menarik wisatawan lokal,nusantara, hingga wisatawan mancanegara,” kata Suriadi. Dia mengatakan,dukungan promosi merupakan ujung tombak keberhasilan sektor industri pariwisata dan budaya. Promosi itu dapat dilakukan dengan kerjasama kemitraan dengan pemprov di daerah lainnya.

Misalnya Pemrov Bali atau Manado yang sudah tidak diragukan potensi wisatanya dan banyak dikunjungi oleh wisatawan nusantara dan mancanegara. Dengan demikian,lanjut dia, bentuk promosi itu tidak mutlak harus dilakukan pejabat pemerintah ke luar negeri yang notabene menghabiskan anggaran yang tidak sedikit.

”Namun dapat dilakukan dengan meminimalkan anggaran dengan melakukan kerja sama antar-Pemprov maupun dengan menggunakan media online termasuk media sosial,”ujarnya. ● ant 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar