Kamis, 03 Mei 2012

EKSPOR IKAN: Hasil Tangkapan Di Sulsel Laku Rp120 Miliar


Kamis, 03 Mei 2012 

Large_ikan
MAKASSAR: Asosiasi Pengumpul Domestik dan Ekspor Ikan Segar Sulsel berhasil merealisasikan ekspor ikan segar sebesar Rp120 miliar sepanjang kuartal I 2012.
Dengan pencapaian itu maka perputaran uang dari bisnis ekspor ikan segar tersebut sepanjang kuartal I tahun ini mencapai Rp1 miliar per harinya, sehingga membuat sektor ini menjadi kian menjanjikan.

Ketua Asosiasi Pengumpul Domestik dan Ekspor Ikan Segar (Apdeis)  Sulsel Muhammad Zain Muin mengatakan ekspor ikan segar di daerah ini ditunjang posisi Sulsel sebagai kawasan maritim dengan hasil laut untuk dijadikan komoditas ekspor.
"Hanya saja, pengelolaan yang masih kurang baik menjadi penghambat pengembangan ekspor ikan segar dari provinsi ini. Padahal jika terkelola dengan baik, realisasi nilai ekspor ikan segar ini bisa jauh di atas Rp120 miliar," ujarnya, hari ini, Kamis 3 Mei 2012.

Menurutnya, peluang ekspor ikan segar dari Sulsel bisa mencapai nilai lebih tinggi lagi dari pencapaian kuartal I 2012 jika pemerintah daerah mampu berperan aktif dalam hal pengelolaan ekspor komoditas laut tersebut.
Adapun harga yang dipatok eksportir ikan segar mencapai diatas Rp50.000 per kilogram dengan negara yang menjadi tujuan ekspor paling utama adalah Singapura dan Malaysia, ditambah Hong Kong, Jepang dan Korea Selatan.

"Ekspor ikan segar Sulsel masih sulit menyentuh pasar Eropa dan negara barat lainnya karena kalah bersaing dengan negara penghasil ikan segar lainnya yang lebih baik dalam pengelolaan ikan segar [ekspor]-nya," papar Zain. (k56/arh)
Sumber: http://www.bisnis.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar