Rabu, 23 Mei 2012

Kendaraan Baru Pasok PAD Sulsel Rp2,6 Triliun

Rabu, 23 Mei 2012 
MAKASSAR, -- Kendaraan baru berbagai tipe dan merek menyumbang angka Pendapatan Asli Daerah  Sulsel tahun lalu Rp2,6 triliun. Angka ini diperkirakan meningkat 30 persen seiring bertambahnya jumlah kendaraan bermotor.

Kepala Dinas Pendapatan Daerah Sulsel, Arifuddin Dahlan, Selasa 22 Mei mengungkapkan, kontribusi pajak kendaraan bermotor terhadap APBD tahun 2011 lalu mencapai 43 persen. Tahun ini, semakin bertambahnya jumlah kendaraan diyakini mampu mendongkrak pendapatan.

"Kita optimis tahun ini PAD makin naik. Kontribusi pajak kendaraan bermotor akan tetap naik, seiring dengan pertumbuhan ekonomi Sulsel," terang Dahlan.

Meskipun Bank Indonesia (BI) menerbitkan peraturan tentang uang muka kredit kendaraan bermotor sebesar 30 persen, menurut dia tidak akan mempengaruhi daya beli masyarakat karena pendapatan perkapita masyarakat juga terus meningkat.

Dispenda optimis permintaan masyarakat akan tetap tinggi lantaran, branding dan pabrikan mobil mulai Juli tahun ini akan meluncurkan berbagai tipe terbaru. Animo masyarakat memiliki mobil tipe terbaru selalu muncul dan itu potensi untuk pendapatan pajak.

"Pabrikan mobil mulai Juli mendatang akan memasarkan tipe baru di luar yang sudah beredar. Kita prediksi daya beli juga akan naik," tuturnya.

Terkait realisasi PAD Sulsel tahun 2012, kepala dinas yang akan memasuki masa pensiun September tahun 2012 ini menambahkan, hingga akhir April telah mencapai 25 persen dari target Rp2,6 triliun rupiah. Terbesar dari pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama kendaraan. Sisanya dari retribusi daerah dan dana perimbangan. (aci/upi)



Sumber: http://www.fajar.co.id/read-20120523000937-kendaraan-baru-pasok-pad-sulsel-rp26-triliun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar