Rabu, 23 Mei 2012

Pendapatan Asli Daerah-April, PAD Sulsel Capai Rp650 Miliar


 Rabu, 23 May 2012
Realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Sulsel hingga April 2012 telah mencapai 25% dari target sebesar Rp2,6 triliun. Hing-ga bulan lalu, tercatat Rp650 miliar anggaran yang masuk ke kas daerah.
Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Sulsel Arifuddin Dahlan mengungkapkan, dari angka 25% PAD yang tercapai, 43% diterima dari sektor pajak kendaraan bermotor, sedangkan dana perimbangan cuma 35%. Sedangkan sumber PAD lainnya berasal dari retribusi daerah dan dana perimbangan. “Kita telah mencapai 25% dari target PAD 2012 sebesar Rp2,6 miliar.Yang paling dominan itu dari pajak kendaraan dan balik nama kendaraan,” ungkapnya kemarin.

Arifuddin menyebutkan, PAD pada tahun ini diharapkan bisa meningkat 30% dari target yang ditetapkan. Hal tersebut bisa dikarenakan seiring bertambahnya jumlah kendaraan bermotor di Sulsel. Apalagi, kata dia, sejumlah prototipe kendaraan bermotor pada Juli mendatang akan bermunculan. Hal ini bisa meningkatkan minat pembelian masyarakat terhadap kendaraan. “Pertumbuhan pajak kita prediksi antara 20% hingga 30%.Semua merek kendaraan keluarkan produk baru.

Dengan demikian, pajak kendaran kita bisa bertambah,”jelasnya kepada wartawan. Arifuddin menambahkan, meski Bank Indonesia mengeluarkan kebijakan baru tentang uang muka kredit kendaraan bermotor sebesar Rp30%, tidak akan terlalu berpengaruh di Sulsel dengan meningkatnya pendapatan perkapita masyarakat. ● wahyudi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar