Rabu, 01 Agustus 2012

BPTP Sulawesi Selatan Peragakan Beberapa Inovasi Teknologi Padi di Kab. Maros


Rabu, 01 Agustus 2012
fotoMenggunakan areal seluas kurang lebih 10 ha, berlokasi di Desa Mattoanging, kec. Bantimurung Kab. Maros, BPTP Sulawesi Selatan memperagakan Inovasi teknologi padi. Peragaan teknologi ini dilaksanakan secara terkompleks di tengah-tengah hamparan pertanaman Padi para petani dengan tujuan agar para petani di Kab. Maros dapat melihat secara langsung penampilan dan hasil yang di peroleh, jika menerapkan teknologi sesuai rekomendasi.
Beberapa kegiatan yang di tampilkan dalam program ini adalah :
  1. Display varietas Unggul Baru (Inpari)
  2. Pemupukan hara Spesifik Lokasi (PHSL)
  3. Penggunaan Alternate Wetting and Drying (AWD)
  4. Teknologi Penangkaran Benih Padi
  5. Uji Adaptasi beberapa Galur Padi, kerjasama dengan BB Padi Sukamandi
  6. Perbanykan benih padi (UPBS)
Pada hari Senin, 30 Juli 2012 telah dilakukan Panen Raya yang dilakukan oleh Wakil Bupati Kab. Maros, Ketua DPRD Kab. Maros, Komandan Kodim Kab. Maros dan Kepala BPTP Sulawesi Selatan, yang di saksikan oleh Kadis Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Prop. Sulawesi Selatan, Kepala SKPD Kab. Maros, para Penyuluh Petani, dan peserta Diklat Budidaya Padi bagi penyuluh se Indonesia Timur yang dilaksanakan BB Diklat Pertanian Gowa. Dari Ubinan yang dilakukan di peroleh hasil 7,52 ton/ha, varietas Inpari 13.
Acara Panen Raya di lanjutkan dengan Temu Lapang dan diskusi dengan para petani, dan penyuluh. Kepala BPTP Sulawesi Selatan DR. IR. FADJRY DJUFRY, M.SI, menjelaskan bahwa Badan Litbang Pertanian secara terus menerus mengembangkan Inovasi Teknologi Padi khususnya varietas baru untuk mengantisipasi tantangan dan permasalahan perberasan yang semakin berkembang.
Pada kesempatan ini peneliti dari BB Padi Sukamandi menyampaikan bahwa BB Padi Sukamandi sedang mengembangkan varietas baru padi Ultra Genjah, yang memungkinkan petani dapat menanam padi dengan IP-300.
Penulis : Ir. Amirullah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar