Rabu, 29 Agustus 2012

Tan Malaka Pimpin Perusda Agroindustri


Rabu, 29 Agustus 2012

MAKASSAR – Meski telah pensiun dari PNS, mantan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan (Bappeda) Tan Malaka Guntur masih mendapatkan kepercayaan dari Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo.

Dia ditunjuk untuk memimpin Perusda Agroindustri. Surat keputusan (SK) Gubernur terkait pemilihan Tan Malaka Guntur tersebut bahkan dikeluarkan sebelum Idul Fitri 1433 H lalu.Tan Malaka Guntur akan dilantik pada 5 September 2012 mendatang. Dengan hadirnya Perusahaan Daerah (Perusda) Agroindustriini, makagenapduaperusda yang ada di Sulsel yang ditargetkan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). ”Pak Tan Malaka sebagai Direktur Perusda Agroindustri Sulsel itu.

Dia akan dilantik nanti bulan depan oleh Gubernur Sulsel,” kata Sekprov Sulsel A Muallim di Kantor Gubernur Sulsel,kemarin. Perusda Agroindustri ini nantinya akan lebih fokus kepada pengembangan kakao, beras, rumput laut, serta jagung yang selama ini menjadi komoditi andalan Sulsel. ”Perusda yang dipimpin Tan Malaka nanti akan diposisikan sebagai Bulog daerah, untuk pengamanan harga beras bagi petani. Selebihnya mengembangkan bisnisnya,”bebernya.

Soal anggaran, kata dia, rencananya akan dimasukkan pada APBD-Perubahan 2012 mendatang. Hanya saja,Muallim belum bisa memastikan berapa anggaran yang dibutuhkan. Sebelumnya,Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo mengeluarkan kebijakan untuk melikuidasi dua unit Perusda yang selama ini dinilai tidak memberikan kontribusi positif untuk daerah.

Kedua Perusda yang dilikuidasi tersebut yakni Perusda Pariwisata dan Perdagangan Umum. Sedangkan Perusda Umum dan Agrobisnis akan dipertahankan oleh Pemprov Sulsel. wahyudi 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar